CD Skripsi
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah BSM Pada PT.Bank Syariah Mandiri Cabang Utama Pekanbaru
Relationship Marketing merupakan jalinan hubungan jangka panjang antara pihak
perusahaan dengan konsumen atau nasabah sehingga tercapainya hubungan baik antara
keduabelah pihak.Penelitian ini dilakukan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Utama di
Jalan Jendral Sudirman no.169 Pekanbaru.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
pengaruh variabel Relationship Marketing yang terdiri dari Kepercayaan, Timbalbalik,
Pertalian dan Komunikasi terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Pekanbaru.
Pengukuran dilakukan terhadap variabel-variabel penelitian Kepercayaan,
Timbalbalik, Pertalian, Komunikasi dan Kepuasan Nasabah dengan menentukan seberapa
besar pengaruh dan hubungan satu sama lain. Data diperolah melalui data primer dengan
menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah
Mandiri Pekanbaru dan sampelnya adalah nasabah BSM sebanyak 100 konsumen dan teknik
pengambilan sampelnya menggunakan Purposive Sampling. Analisis dilakukan dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji
statistik dengan menggunakan alat uji SPSS versi 16.0
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel
Kepercayaan, Timbalbalik, Pertalian dan Komunikasi berpengaruh terhadap Kepuasan
Nasabah . Oleh sebab itu hipotesis-hipotesis yang dikemukan dapat diterima. Sedangkan
pengujian secara parsial, hanya variabel timbalbalik yang kurang berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil signifikansi serentak dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang kuat antara variabel bebas dengan variabel terikat. Sedangkan dari hasil
regresi uji t diketahui bahwa pengaruh terbesar terhadap variabel kepuasan nasabah Bank
Syariah Mandiri Pekanbaru berasal dari variabel kepercayaan.
Kata Kunci: Kepercayaan, Timbalbalik, Pertalian, Komunikasi dan Kepuasan
Nasabah
Tidak tersedia versi lain