CD Skripsi
Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pokok Bahasan Konsep Mol di Kelas X MA Derel Hikmah Pekanbaru
Pokok bahasan Konsep Mol merupakan salah satu pokok bahasan yang
membutuhkan pemahaman yang baik. Untuk itu diperlukan usaha agar materi itu
dapat bertahan lama diingatan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh penerpan pembelajaran Problem Posing terhadap prestasi belajar siswa
pada pokok bahasan Konsep Mol melalui pembelajaran Problem Posing. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan waktu pengambilan data mulai
dari Januari – Maret 2010. sampel terdiri dari dua kelas ya itu kelas X A1 sebagai
kelas kontrol dan X A3 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian berupa
soal Pre-test dan Post-test untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa statistik dengan desain pretest
– posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Posing
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase peningkatan sebesar
14,29%.
Kata Kunci : Problem Posing, Prestasi Belajar.
Tidak tersedia versi lain