CD Skripsi
Perbedaan Pengaruh Hasil Latihan Passing Atas Antara Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung Terhadap Kemampuan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Putra Tahun Ajaran 2010/2011
Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan
“Pretest-postest group design “.. Populasi yang digunakan adalah Siswa putera
SMPN 10 Air Jamban Tahun 2010/2011 yang berjumlah 45 orang siswa, jumlah
sampel 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random,
setelah dirandom diperoleh sampel dilakukan tes awal yaitu passing atas. Dari
hasil itu dilanjutkan pengelompokan subyek dengan teknik Match-subyek ordinal
paring. Sampel dikelompokkan menjadi dua kelompok ialah kelompok
eksperimen 1 yang diberi perlakuan latihan passing atas antara metode langsung
dan kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan passing atas metode tidak
langsung. Latihan diberikan adalah 5 kali seminggu selama 4 minggu Sesudah
program latihan selesai dilakukan tes pengukuran kembali. Metode pengolahan
data menggunakan Uji t berpasangan. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji
persyaratan analisis hipotesis yaitu uji normalitas data dengan statistik non
parametrik menggunakan Kolmogorov-Smirnov, untuk uji homogenitas
menggunakan Chi-Square,
Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik diperoleh : 1) bahwa
nilai t
hitung
= 4.380 atau berdasarkan pada nilai signifikansi 0.001 < 0.05, berarti H
0
ditolak dan H
1
diterima. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ Terdapat
Perbedaan Pengaruh Hasil Latihan Passing atas antara Metode Langsung dan
Metode Tidak Langsung terhadap Kemampuan Passing atas dalam Permainan
Bola Voli pada Siswa Putra SMPN 10 Air Jamban Tahun Pelajaran 2010/2011” 2)
Berdasarkan pada perhitungan uji t terbukti bahwa perbedaan angka mean 6.07
dengan range skor 0 – 9.04 cukup berarti untuk mengatakan bahwa metode
langsung lebih baik dari pada metode tidak langsung karena menunjukkan
perbedaan secara signifikan.
Tidak tersedia versi lain