CD Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri 005 Lubuk Gaung, Kec. Sungai Sembilan, Dumai Tahun Ajaran 2010/2011
Dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan hasil belajar SAINS melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 005 Lubuk Gaung bulan November 2010 subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki – laki dan 10 orang yang terdiri perempuan. Parameter penelitian adalah daya serap, ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Instrumen penelitian adalah perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, LKS Eksperimen, data telah diolah dengan menggunakan analisis diskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh daya serap siswa siklus I adalaah 68,54% dengan kategori cukup. Pada siklus II yaitu adalah 77,29% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 95,83% dan pada siklus II adalah 100%. Aktivitas belajar siswa rata-rata pada siklus I adalah 84,72% dan aktivitas rata-rata pada siklus II adalah 91,66%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 005 Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Eksperimen.
Tidak tersedia versi lain