CD Skripsi
Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V A SD Negeri 005 Bukit Kapur Tahun Pelajaran 2010/2011
PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA
KELAS V A SD NEGERI 005 BUKIT KAPUR
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
MARYANI
NIM : 0705166008
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
SAINS melalui Penerapan Teknik Mind Mapping pada siswa kelas V A SDN 005
Bukit Kapur Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas
VA sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 12 siswa
perempuan. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa terdiri dari daya
serap, ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Data hasil belajar
siswa berdasarkan ulangan harian mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ratarata
77,08 dan pada siklus II 84,37. Ketuntasan belajar siswa secara individu pada
siklus I 95,83% dan pada siklus II 100%. Rata-rata aktivitas belajar siswa dari
81,94% pada siklus I meningkat menjadi 95,83% pada siklus II. Persentase
aktivitas guru 95% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan teknik
mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa Kelas VA SD Negeri
005 Bukit Kapur Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Hasil Belajar, Teknik Mind Mapping
Tidak tersedia versi lain