CD Skripsi
Penerapan Metode Sosiodrama (Role Playing) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memerankan Tokoh Siswa Kelas V SD Negeri 020 Teluk Leok Rumbai
Kata Kunci: Metode Sosiodrama (Role Playing), Kemampuan Memerankan
Tokoh.
Penelitian ini dilakukan bertolak dari masih banyak siswa yang belum mencapai
ketuntasan kemampuan memerankan tokoh dengan jumlah siswa tidak tuntas
yaitu 30 siswa (83,3%) sedangkan siswa berkategori tuntas hanya berjumlah 6
siswa (16,7%). Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan
sosiodrama (role playing) dapat meningkatkan kemampuan Memerankan Tokoh
Siswa Kelas V SD Negeri 020 Teluk Leok Rumbai?. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatan kemampuan Memerankan Tokoh melalui metode sosiodrama
(role playing) pada siswa V SD Negeri 020 Teluk Leok Kecamatan Rumbai
Pesisir Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan
kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan 4 (empat) tahapan yaitu:
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi sebagai dasar untuk membuat
perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Penilaian aktivitas guru dan siswa
terus meningkat pada tiap pertemuannya. Aktivitas guru pertemuan pertama siklus
I dengan persentase 66,67%, pertemuan kedua siklus I meningkat menjadi
79,67%. Pada pertemuan pertama siklus II dengan persentase 87,57%, pertemuan
kedua siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,67%. Sedangkan aktivitas
siswa pada pertemuan pertama siklus I dengan persentase 62,5%, pertemuan
kedua siklus I meningkat menjadi 75%. Pada pertemuan pertama siklus II dengan
persentase 83,33%, pertemuan kedua siklus II mengalami peningkatan menjadi
87,57%. Kemampuan memerankan tokoh yang di peroleh dari data awal adalah
44,44 dengan pesentase 16,7% yang tuntas memperoleh nilai di atas 65 sesuai
standar KKM. Setelah diterapkan metode sosiodrama (role playing) pertemuan
pertama siklus I dengan rata-rata 51,4, pertemuan kedua siklus I dengan rata-rata
59,5, siklus I UH 1 dengan rata-rata 65, pertemuan pertama siklus II dengan ratarata
69,21, pertemuan kedua siklus II dengan rata-rata 74,99 sedangkan siklus II
UH 2 dengan rata-rata 78,93. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode sosiodrama (role playing) pada pembelajaran bahasa
Indonesia dapat meningkatkan kemampuan Memerankan Tokoh pada siswa V SD
Negeri 020 Teluk Leok Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru dapat
diterima.
Tidak tersedia versi lain