CD Skripsi
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVa SDN 010 Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research).
Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 010 Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang
Kabupaten Rokan Hilir, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya hasil
belajar siswa, bahwa lebih dari 50% siswa belum mencapi nilai KKM. Untuk
mengatasi rendahnya hasil belajar siswa tersebut penulis menerapkan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Stad untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam
meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas IVA SDN 010 Karya Mukti
Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.
Penelitian ini bertempat di kelas IVA SDN 010 Karya Mukti Kecamatan Rimba
Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data
yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus
dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan
baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun
tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1)
Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan penelitian adalah penerapan metode
pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPS pada siswa
Kelas IVA SDN 010 Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan
Hilir. Keberhasilan ini disebabkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe
STAD memiliki kelebihan antara lain merupakan metode yang cukup baik dalam
memahami isi pelajaran dan dapat menantang kemampuan siswa serta memberikan
kepuasan untuk menemukan pengetahuan baru bagi siswa. Dari data di atas,
menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan
hasil belajar belajar IPS pada siswa Kelas IVA SDN 010 Karya Mukti Kecamatan
Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dapat dilihat dari adanya
peningkatan hasil belajar siswa pada sebelum tindakan hanya memperoleh pesentase
secara klasikal adalah 30% dari seluruh siswa yang mencapai nilai KKM, dan setelah
adanya tindakan maka hasil belajar siswa meningat dengan persentase klasikal adalah
63% dari seluruh siswa yang mencapai nilai KKM, setelah ada perbaikan pada siklus
II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase secara klasikal adalah 100%,
artinya seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM.
Tidak tersedia versi lain