CD Skripsi
Penggunaan Metode Bertukar Pasangan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SDN 013 Kecamatan bangko Kabupaten Rokan hilir Tahun Pelajaran 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Metode
Bertukar Pasangan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran IPS SDN 013 Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.
Tempat dilaksanakan penelitian ini adalah di SD Negeri 013 Kecamatan
Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jumlah siswa kelas IV SD Negeri 013
Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir yang menjadi subjek penelitian ini
adalah 32 siswa terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan. Penggunaan metode bertukar pasangan dilakukan pada mata pelajaran
IPS.
Adapun prosedur penelitian ini adalah melalui tahapan
perencanaan/persiapan tindakan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi.
Sedangkan langkah-langkah metode bertukar pasangan adalah 1) Guru
mengorganisasikan siswa dimana satu siswa mendapat satu pasangan, 2) Guru
memberikan tugas kepada setiap pasangan, 3) Guru meminta siswa untuk bertukar
pasangan setelah tugas yang diberikan selesai dikerjakan dengan pasangannya, 4)
Guru meminta masing-masing pasangan baru untuk saling mengerjakan tugas
guna menjelaskan jawaban masing-masing, 5) Guru meminta masing-masing
siswa membagikan jawaban barunya kepada pasangan pemula, 6) Guru
mengawasi jalannya kegiatan siswa, 7) Guru memberikan penguatan atas hasil
pembahasan setelah kegiatan.
Dari hasil analisis data pertemuan 1 dan 2, dapat dijelaskan bahwa
motivasi belajar siswa pada sebelum tindakan didapatkan skor sebesar 363 dengan
kategori rendah karena berada pada rentang 224 – 373,34. Sedangkan pada siklus
I meningkat menjadi skor 392 dengan kategori sedang. Setelah pembelajaran
diperbaiki pada siklus II motivasi belajar siswa meningkatkan dengan sangat
memuaskan, dimana skor yang diperlukan secara klasikal sebesar 572 dengan
kategori tinggi.
Tidak tersedia versi lain