CD Skripsi
Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VI SD Negeri 014 Peranap Kecamatan Peranap
Kata Kunci : Penerapan Peta Konsep, Pembelajaran IPA SD, Hasil Belajar.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI di SD Negeri 014 Peranap
melalui “Penerepan Peta Konsep”. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret
sampai Mei 2011. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VI SD Negeri 014
Peranap yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar IPA Siswa dalam peningkatan kualitas pembelajaran
IPA yaitu dengan penerapan peta konsep. Skripsi ini menyajikan hasil tes belajar
siswa menunjukkan peningkatan yang berarti dengan pengajaran yang
menggunakan peta konsep, karena untuk sekolah dasar rasa keingin tahuan siswa
sangat tinggi, dengan mereka membaca, melihat, dan berfikir sehingga tujuan
pembelajaran dapat dicapai dengan baik, maka teknik analisis data yang peneliti
gunakan untuk mengukur hasil belajar melalui daya serap siswa yang diperoleh
dari Ulangan Harian I pada Siklus I dan Ulangan Harian II pada Siklus II,
peningkatan pada Siklus I dengan rata-rata 69,2 % dan Siklus II dengan rata-rata
72,9 %, jadi peningkatan dari Siklus I ke Siklus II adalah 3,7 %, sedangkan
rata-rata ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari Ulangan Harian mengalami
peningkatan pada Siklus I yaitu 75 % (kategori tuntas) dan Siklus II 90 %
(kategori tuntas). Selain itu disajikan juga Lembar Observasi dilakukan untuk
mengamati aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung, dengan
cara mengisi kolom lembar pengamatan yang telah disediakan yang digunakan
untuk pengumpulan data tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa Kelas VI SD
Negeri 014 Peranap. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan
penerapan peta konsep pada Siklus I yaitu 60,48 % (cukup) dan pada Siklus II
rata-rata aktivitas belajar siswa 80,42 % dan kemampuan guru dalam membina
proses pembelajaran dengan tindakan pada Siklus I yaitu 80,63 % dan pada Siklus
II 94,32 %. Dari hasil penelitian di atas diketahui bahwa penerapan peta konsep
dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 014 Peranap
Kecamatan Peranap Tahun Ajaran 2010 / 2011.
Tidak tersedia versi lain