Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penggunaan Media Ceker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV B di SD Negeri 007 Tualang

Maryani / 0905167029 - Nama Orang;

Kata Kunci: Media Ceker, Matematika siswa kelas IVb, Hasil Belajar.
Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IVb di SD Negeri 007 Tualang
disebabkan siswa kurang mampu menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat. Usaha yang dilakukan guru selama ini hanya memberikan konsepkonsep
dan contoh yang lebih menekankan pada kemampuan siswa untuk mengingat
dan menghapal dan kurang untuk menekankan pada pemahaman. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media ceker pada materi pokok
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas IVb di SD Negeri 007 Tualang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVb di SD Negeri
007 Tualang pada materi pokok operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
melalui penggunaan media ceker. Sehingga jika digunakan media ceker pada materi
pokok operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, maka dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVb di SD Negeri 007 Tualang.
Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan media ceker. Media ceker merupakan
media yang dapat membantu siswa belajar tentang penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat, yang dimaksud ceker pada penelitian ini adalah media berupa kartu
yang terdiri dari warna merah dan kuning. Kartu berwarna merah bernilai positif dan
yang berwarna kuning bernilai negatif. Desain penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak
dua siklus. Hasil aktivitas guru pada siklus I dan siklus II yaitu 79% menjadi 92%
dengan peningkatan 13%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II yaitu
76% menjadi 88% dengan peningkatan 12%. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 30 siswa,
sebanyak 25 siswa (83%) mencapai KKM yang ditetapkan, pada siklus II meningkat
menjadi 27 siswa (90%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
ceker pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVb di SD Negeri 007 Tualang.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 05 17.111 (0289)
05 17.111 (0289)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 17.111 (0289)
Penerbit
Pekanbaru : Uiniversitas Riau - FKIP - Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2011
Deskripsi Fisik
ii, 110 hlm.:ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 17.111 (0289)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
zelpino
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penggunaan Media Ceker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV B di SD Negeri 007 Tualang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?