Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 001 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu

Nurbaiti / 0905167281 - Nama Orang;

Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
(Think – Pair – Share). Pembelajaran IPA SD. Hasil belajar
siswa.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD perlu diperhatikan dengan tujuan agar siswa
memiliki aktivitas, kreativitas dan memiliki hasil nilai yang memenuhi kriteria
sekolah. Untuk itu hasil belajar IPA perlu ditingkatkan dalam penelitian tindakan
kelas ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri
001 Peranap kecamatan Peranap TP. 2010/2011 dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dilaksanakan pada tanggal 15, 16, 17
Maret untuk siklus I dan tanggal 22, 23, 24 Maret untuk siklus II. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 001 Peranap kecamatan Peranap yang
berjumlah 32 orang siswa paramater penelitian adalah hasil belajar siswa,
ketuntasan belajar siswa. Penghargaan kelompok, aktivitas siswa dan guru. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada
siklus I diperoleh rata-rata daya serap siswa 64,19% (cukup) dan siklus II 77,28%
(baik). Ketuntasan siklus I yaitu 53,12% (tidak tuntas) dan siklus II 90,62%
(tuntas). Pada siklus I untuk penghargaan kelompok terdapat tiga kelompok super
dan lima kelompok hebat dan pada siklus II semua kelompok super. Rata-rata
aktivitas siswa pada siklus I yaitu 59,11% kategori kurang dan pada siklus II ratarata
76,69% kategori baik, dan aktivitas guru pada siklus I yaitu 89,58% dan
siklus II 95,84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 001 Peranap kecamatan
Peranap TP. 2010/2011.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 05 17.111 (0300)
05 17.111 (0300)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 17.111 (0300)
Penerbit
Pekanbaru : Uiniversitas Riau - FKIP - Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2011
Deskripsi Fisik
vii, 152 hlm.:ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 17.111 (0300)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
zelpino
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 001 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?