CD Skripsi
Penggunaan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMP Negeri 2 Kuindra Kec. Kuala Indragiri Kab. Indragiri Hilir
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sejarah di kelas VII
SMP Negeri 2 Kuindra Kec. Kuala Indragiri Kab. Indragiri Hilir, siswa belum
sepenuhnya dapat memahami materi pelajaran dan cenderung kurang
menarik/menoton , sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Hal ini terlihat
dari : siswa pasif dalam menerima pelajaran, rendahnya nilai sejarah siswa ratarata
dibawah 75%. Mencermati keadaan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam
penggunaan metode agar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di
SMP Negeri 2 Kuindra Kec. Kuala Indragiri Kab. Indragiri Hilir.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2
Kuindra Kec. Kuala Indragiri Kab. Indragiri Hilir Tahun Pelajaran 2010/2011
dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 11
orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang dimulai dari
bulan Februari 2011 hingga selesai pada April 2011.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru
mengalami peningkatan terlihat dari siklus I diperoleh skor rata-rata 56,25%
meningkat 79,69% pada siklus II termasuk pada kategori Baik Sekali. Aktivitas
siswa pada siklus I skor rata-rata sebesar 52,39% meningkat 36,43% pada siklus
II. Minat belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 45,24% meningkat
menjadi 77,15% pada siklus II. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan
pembelajaran pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan metode talking
stick dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain