Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap

Herizal Antoni / 0905167282 - Nama Orang;

Mata pelajaran IPA di SD perlu diberikan dengan tujuan agar peserta didik
Memiliki kemampuan IPA. Untuk itu hasil belajar IPA perlu ditingkatkan dengan
mengubah paradigma pendidikan di SD dari pembelajaran teacher centered ke
pembelajaran student centered. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan
metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SD Negeri 008 Semelinang Laut
Kecamatan Peranap. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Maret 2011
sampai dengan 24 Maret 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri
008 Semelinang Laut yang berjumlah 20 Orang yang terdiri dari 12 orang
laki-laki dan 8 orang perempuan. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini
adalah adalah lembaran observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Dari hasil
penelitian ini diperoleh daya serap siswa dibawah nilai KKM pada siklus I yang
mendapat nilai di bawah KKM ada 8 orang dan siklus II tidak ada , yang
mendapat ketuntasan pada siklus I 12 orang, pada siklus II tidak ada. Ketuntasan
belajar individu pada siklus I ada 11 Orang dan ketuntasan klasikal 60,00%, pada
siklus II ada 17 Orang dengan ketuntasan klasikal 100%. Rata-rata aktivitas guru
pada siklus I pertemuan satu adalah 75,00% dengan kategori cukup, pertemuan
kedua adalah 77,78% dengan kategori cukup, pada siklus II pertemuan ketiga
adalah 88,90% dengan kategori Baik, pada pertemuan keempat adalah 94,44%
dengan kategori Baik Sekali. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I pertemuan
satu adalah 48,96% dengan kategori kurang, pada pertemuan ke dua adalah
65,63% dengan kategori cukup, pada siklus II pertemuan ketiga adalah 73,40%
dengan kategori baik, pertemuan keempat adalah 80,42% dengan kategori Baik
sekali. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD
Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap tahun pelajaran 2010/2011.

Kata kunci : Metode Pemberian Tugas, Hasl Belajar Siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 05 017.111 (0105)
05 017.111 (0105)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 017.111 (0105)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP- Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2011
Deskripsi Fisik
ix, 122 hlm.: ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 017.111 (0105)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
zelpino
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?