CD Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Sains Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 017 Sedinginan Tp 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD) pada
siswa kelas IV SDN 017 Sedinginan Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan November sampai dengan bulan Desember 2010. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 017 Sedinginan Tahun Pelajaran
2010/2011 dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan
7 orang perempuan. Parameter yang diukur adalah hasil belajar berupa daya serap,
ketuntasan belajar, aktifitas siswa dan aktifitas guru. Instrumen penelitian berupa
perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Data dianalisa secara
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata daya serap siswa pada siklus
I adalah 63.33 dengan kategori cukup meningkat menjadi 69.76 pada siklus II
dengan kategori cukup. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I Adalah 72.14%
meningkat menjadi 75.00% pada siklus II. Aktifitas siswa pada siklus I 89.68
meningkat menjadi 91.67 pada siklus II dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar sains
pada siswa kelas IV SDN 017 Sedinginan Tahun Pelajaran 2010/2011
Tidak tersedia versi lain