CD Skripsi
Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana Di Kelas Viii-6 SMP N 25Pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan sosial melalui model
pembelajaran kooperatif tipe TPS ( Think Pair Share ). Subyek penelitian adalah siswa
kelas VIII-6 SMP 25 Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 37 orang
sedangkan siswa yang diamati 12 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah
adalah lembar pengamatan keterampilan sosial. Data yang dikumpulkan adalah hasil
belajar keterampilan sosial IPA/fisika yang terdiri dari 5 aspek yaitu berada dalam tugas,
mendorong partisipasi, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendengarkan dengan baik
dan mengajukan pertanyaan. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Analisis data
dihitung berdasarkan persentase dari setiap aspek keterampilan sosial IPA/fisika yang
diamati. Berdasarkan perhitungan data yang diperoleh, rata-rata keterampilan siswa pada
setiap pertemuan yaitu: pada pertemuan I sebesar 67,3 % dan pertemuan II 70,2 %.
Sedangkan rata-rata tingkat keterampilan sosial siswa 37,5 % berada pada katagori tinggi
dan 62,5 % berada katagori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS ( Think Pair Share ) pada meteri pesawat sederhana dapat melatih
keterampilan sosial siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair
Share ).
Tidak tersedia versi lain