Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii2 Smpn 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012

Ria Syafitri / 0605132034 - Nama Orang;

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada siswa kelas VIII2 di SMPN 2 pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober sampai November 2011. Subyek penelitian sebanyak 36 siswa (16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan). Parameter penelitian adalah sikap ilmiah, hasil belajar (daya serap dan ketuntasan belajar siswa), penghargaan kelompok, dan parameter pendukung adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata sikap ilmiah siswa adalah 79.94% (Cukup), rata-rata daya serap siswa adalah 79.78% (Cukup), ketuntasan belajar yaitu 75% (Cukup), penghargaan kelompok yang memperoleh predikat super ada 1 kelompok, rata-rata aktivitas siswa adalah 81.13% (Cukup), rata-rata hasil aktivitas guru adalah 90.91% (Baik). Sedangkan pada siklus II rata-rata sikap ilmiah siswa meningkat menjadi 90.32% (Baik), rata-rata daya serap siswa adalah 87.58% (Baik), ketuntasan belajar yaitu 100% (Baik sekali), penghargaan kelompok yang memperoleh predikat super ada 2 kelompok, rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 90.21% (Baik), rata-rata aktivitas guru adalah 100% (Baik sekali). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII2 SMPN 2 Pekanbaru.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle, Sikap ilmiah, Hasil Belajar Biologi


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau (Fkip) 05 07.112 (0035)
05 07.112 (0035)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 07.112 (0035)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP - Pendidikan Biologi., 2012
Deskripsi Fisik
viii, 181 hlm.:ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 07.112 (0035)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Fera
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii2 Smpn 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?