CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 033 Igal Kecamatan Mandah
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya ketuntasan klasikal
dalam hasil belajar rendah dengan rata-rata 59,58, guru dalam mengajar hanya
memberikan ceramah sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran
tersebut. Dari permasalahantersebutmakapenelitimenerapkan model
pembelajarankooperatiftipeThink Pair
SharedalampembelajaranIPSdandiharapkanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswakel
asIV SD Negeri 033Igal Kecamatan
Mandah.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarIPSkelasIV SD Negeri
033 Igal Kecamatan Mandahmelaluipenerapan model
pembelajarankooperatiftipeThink Pair
Share.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIV SDN 033Igal Kecamatan
Mandahdenganjumlahsiswasebanyak24
orangsiswa.Penelitianinidilakukandalamduasiklus, siklus I terdiridaridua kali
pertemuandengansatu kali ulanganhariandansiklus II jugadilaksanakandua kali
pertemuandengansatu kali ulanganharian.Instrumenpengumpulan data
padapenelitianiniadalahlembarobservasisiswa, lembarobservasi guru
dantesulanganharianpadasetiapsiklus. Rata-rata
tingkatkemampuansiswasebelumtindakanadalah 59,58 dengan siswa yang tuntas
sebanyak 9 orang (37,5%). Padaulanganhariansiklus I presentaseketercapaian KKM
54,17%dengan rata-rata kelas 61,88, sedangkanpadaulanganhariansiklus II
persentaseketercapaian KKM 83,33%dengan rata-rata kelas 71,25.
Instrumenpengumpulan data menggunakanlembarobservasiaktivitas guru
danaktivitassiswaselama proses pembelajaranberlangsung di kelasIV SDN 033Igal
Kecamatan Mandah, persentaseaktivitas guru padasiklus I pertemuan pertama 62,5%,
pertemuan kedua meningkat menjadi 65%dansiklus II pertemuan ketiga80%,
pertemuan keempat meningkat menjadi 90% dengan
kategoribaiksekali,selanjutnyaaktivitassiswadalam proses
pembelajaranIPSdengantindakanpadasiklus I pertemuan pertama50%, pertemuan
kedua 62,5%dansiklus II pertemuan ketiga75%, pertemuan keempat meningkat
menjadi 90%dengankategoribaiksekali. Dari
penjelasandiatasmenunjukkanbahwahipotesis dari penelitian ini dapat diterima.
Tidak tersedia versi lain