CD Skripsi
Pengaruh Metode Latihan Pass Atas Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Kemampuan Pass Atas Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Putra Ekstra Kurikuler Bola Voli Sma Negeri 12 Balai Makam Tahun 2010/2011
ANASZUHRI.(2019). Pengaruh metode latihan pass atas langsung dan tidak langsung
terhadap kemampuan pass atas dalam permainan bola voli pada siswa
putra ekstra kurikuler bola voli SMA Negeri 12 Balai Makam tahun
2010/2011.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pangaruh latihan pass
atas langsung dan tidak langsung serta mengetahui mana yang lebih baik antara kedua
metode latihan pass atas tersebut. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu peserta
ekstrakurikuler bola voli siswa putra SMA Negeri 12 Balai Makam tahun palajaran
2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
dengan cara total sampling yaitu mengikutsertakan semua individu atau anggota populasi
menjadi sampel.
Tes awal dilaksanakan pada bulan Desember 2010, bertujuan untuk mengetahui
kemampuan awal sebelum diadakan perlakuan penelitian sekaligus untuk menentukan
rangking yang diolah untuk mendapatkan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen
2 atau kelompok kontrol. Selanjutnya dari dua kelompok yang ditetapkan menjadi kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol diberi latihan sebanyak 16 kali mulai bulan Desember
2010 sampai dengan Januari 2011. Kelompok eksperimen dilatih menggunakan metode
latihan pass atas langsung dan kelompok kontrol dilatih menggunakan metode latihan pass
atas tidak langsung. Pada bulan Januari 2011 diadakan tes akhir untuk mengetahui
kemampuan pass atas setelah melakukan latihan sebanyak 16 kali terhadap kelompok
eksperimen maupun kelompok kontrol.
Hasil yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan statistik dengan hasil
sebagai berikut : Dari perhitungan statistik diperoleh nilai t = 2,41 dimana hasil tersebut
ternyata lebih besar dari nilai t pada tabel yaitu 2,093 dengan taraf signifikansi 5% dengan
derajat perbedaan (d.b) = 20 – 1 = 19. sehingga nilai t hasil penelitian = 2,41 adalah diatas
batas penolakan atau diatas nilai t dalam tabel (2, 093). Dengan demikian maka perumusan
hipotesa nihil yang menyatakan bahwa “ Latihan passing atas langsung tidak mempunyai
pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan passing atas dalam permainan bola volley
dibanding dengan latihan passing atas tidak langsung “ ditolak , Dengan kata lain hipotesa
alternative atau hipotesa kerja yang dirumuskan yaitu : “ Latihan dengan pass atas langsung
lebih baik daripada latihan pass atas tidak langsung terhadap kemampuan pass atas dalam
permainan bola voli” diterima.
Dari simpulan diatas penulis menyarankan agar :setiap guru olahraga, pelatih bola
volley maupun para praktisi olahraga khususnya permainan bola volley agar mengutamakan
latihan passing terlebih dahulu sebelum melatih tehnik-tehnik yang lain. Dalam melatih pass
atas hendaknya dapat menggunakan metode latihan pass atas langsung, karena hasilnya lebih
baik dibandingkan sdengan latihan yang menggunakan metode tidak langsung
Tidak tersedia versi lain