CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True Or Falseuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 011 Dayun
Kata Kunci : Model cooperative learning Type True or False
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri
011 Dayun
Penelitian ini adalah di laksanakan karena hasil dari pembelajaran IPS
sebagaimana yang di harapkan belum tercapai, hal ini terlihat dari banyaknya
siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar Minimum ( SKBM) Yang d
tetapkan sekolah adalah 60. Tujuan penelitian adalah apakahPenerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS Pada Murid Kelas V SD Negeri 011 Dayun.Penelitian ini berguna bagi semua
pihak yang terkait dalam pendidikan. Kooperatif Tipe True or Falseadalah
kelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran,memberikan bantuan
kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang
di pelajarinya. Bahwa belajar adalah suatu proses aktif dalam memperoleh
pengalamat/ pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku.
Misalnya setelah belajar IPS siswa itu mampu mendemontrasikan pengetahuan
dan keterampilan IPS dimana sebelumnya ia tidak dapat melakukannya. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti tindakan kelas yaitu suatu
penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu
pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil
belajar IPS melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif True or false
murid kelas V SD Negeri 011 Dayun.Berdasarkan hasil pengamatan di SD Negeri
011 Dayun, dapat disimpulkan bahwa : Rata- rata aktivitas guru siklus I adalah 16
dengan kriteria cukup sempurna dan meningkat pada siklus II menjadi 22 dengan
kriteria sangat sempurna . Rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 57,05%
dengan kriteria rendah dan meningkat pada siklus II menjadi 81,85% dengan
kriteria sangat tinggi.Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,70%
dengan kriteria Rendah dan meningkat pada siklus II menjadi 96,10% dengan
kriteria sangat tinggi. ketuntasan belajar siswa siklus I adalah59,99% dengan
kriteria rendah dan meningkat pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata
persentase 87,68% dengan kriteria sangat Tinggi, ketuntasan belajar siswa secara
klasikal telah yaitu sebesar 70%. Disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe True or False dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS.
Tidak tersedia versi lain