CD Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 010 Lubuk Tilan
ABSTRAK
Sudarsono, 0905167120, 2012 “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 010 Lubuk Tilan”. Skripsi, Program Studi PKn Jurusan P.IPS Universitas Riau. Pembimbing I Drs. Zahirman, MH dan Pembimbing II Drs. Ahmad Eddison, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 010 Lubuk Tilan ?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 010 Lubuk Tilan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V pada SD Negeri 010 Lubuk Tilan, sebanyak 18 siswa, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Variabel yang diukur adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemui adanya peningkatan prestasi belajar PKn siswa dari hasil belajar yang didapatkan siswa, dengan menggunakan Model Cooperative Learning Type Jigsaw yang dilaksanakan 2 siklus, pada siklus I hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 73,22 dengan ketuntasan kelas 66,67 % atau 12 orang siswa dari 18 siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 83,11 dengan ketuntasan kelas 88,89 % atau 16 orang dari 18 siswa. Kondisi ini menunjukkan bahwa Penggunaan Model Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 010 Lubuk Tilan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw, Hasil Belajar
KATA PENGANTAR
Tidak tersedia versi lain