Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 010 Lubuk Tilan

Sudarsono / 0905167120 - Nama Orang;

ABSTRAK
Sudarsono, 0905167120, 2012 “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 010 Lubuk Tilan”. Skripsi, Program Studi PKn Jurusan P.IPS Universitas Riau. Pembimbing I Drs. Zahirman, MH dan Pembimbing II Drs. Ahmad Eddison, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 010 Lubuk Tilan ?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 010 Lubuk Tilan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V pada SD Negeri 010 Lubuk Tilan, sebanyak 18 siswa, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Variabel yang diukur adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemui adanya peningkatan prestasi belajar PKn siswa dari hasil belajar yang didapatkan siswa, dengan menggunakan Model Cooperative Learning Type Jigsaw yang dilaksanakan 2 siklus, pada siklus I hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 73,22 dengan ketuntasan kelas 66,67 % atau 12 orang siswa dari 18 siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 83,11 dengan ketuntasan kelas 88,89 % atau 16 orang dari 18 siswa. Kondisi ini menunjukkan bahwa Penggunaan Model Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 010 Lubuk Tilan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw, Hasil Belajar
KATA PENGANTAR


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 05 02.112 (0310)
05 02.112 (0310)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 02.112 (0310)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP - Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan., 2012
Deskripsi Fisik
vii, 64 hlm.:ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 02.112 (0310)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
has
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 010 Lubuk Tilan
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?