CD Skripsi
Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas Iiid Sd Negeri 165 Pekanbaru
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa menerima apa yang diberikan guru dan siswa tidak mengerti bagaimana langkah-langkah menggambar sebenarnya, sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu menggambar bentuk benda secara tepat atau mirip dengan bentuk yang aslinya, untuk itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas IIID SDN 165 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIID SDN 165 Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan.dan siklus II juga dilakukan dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, rubrik penilaian proses dan rubrik penilaian hasil. Penelitian ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar pada siswa kelas IIID SD Negeri 165 Pekanbaru, pada materi menggambar bentuk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas IIID SD Negeri 165 Pekanbaru. Pada data awal hanya 15 orang siswa yang mampu menggambar dengan nilai rata-rata 61 dan persentase 44,11%. Pada siklus I siswa yang mampu menggambar meningkat sebanyak 21 orang, mengalami peningkatan sebesar 17,64%. Selanjutnya pada siklus II lebih meningkat yaitu siswa yang mampu menggambar sebanyak 28 orang dari 34 siswa terjadi peningkatan 20,58%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas IIID SD Negeri 165 Pekanbaru.
Kata kunci : Model, Contektual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain