Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas Iiid Sd Negeri 165 Pekanbaru

MURNIATI / 0805132304 - Nama Orang;

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa menerima apa yang diberikan guru dan siswa tidak mengerti bagaimana langkah-langkah menggambar sebenarnya, sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu menggambar bentuk benda secara tepat atau mirip dengan bentuk yang aslinya, untuk itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas IIID SDN 165 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIID SDN 165 Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan.dan siklus II juga dilakukan dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, rubrik penilaian proses dan rubrik penilaian hasil. Penelitian ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar pada siswa kelas IIID SD Negeri 165 Pekanbaru, pada materi menggambar bentuk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas IIID SD Negeri 165 Pekanbaru. Pada data awal hanya 15 orang siswa yang mampu menggambar dengan nilai rata-rata 61 dan persentase 44,11%. Pada siklus I siswa yang mampu menggambar meningkat sebanyak 21 orang, mengalami peningkatan sebesar 17,64%. Selanjutnya pada siklus II lebih meningkat yaitu siswa yang mampu menggambar sebanyak 28 orang dari 34 siswa terjadi peningkatan 20,58%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas IIID SD Negeri 165 Pekanbaru.

Kata kunci : Model, Contektual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 17.112 (0274)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP - Pendidikan Guru sekolah Dasar., 2012
Deskripsi Fisik
iv, 113 hlm.:ill.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 17.112 (0274)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yurnalis
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I
  • BAB II
  • BAB III
  • BAB IV
  • BAB V
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?