CD Skripsi
Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Baitul Hikmah Pekanbaru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Tingginya jumlah yang tidak dapat membaca permulaan maka akan mengakibatkan anak mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat mengakibatkan anak sulit dalam menangkap dan memahami informasi yang disajikan dalam berbagai buku pelajaran, buku-buku bahan penunjang dan sumber-sumber belajar tertulis yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak-anak di taman kanak-kanak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 23 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 14 anak perempuan, dengan rincian kelompok perlakuan sebanyak 12 orang dan kelompok kontrol sebanyak 11 orangDari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa nilai ttabel adalah 2,07 dan nilai thitung adalah 14,22. Dengan demikian nilai thitung lebih besar daripada ttabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Artinya hipotesis Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh metode multisensori yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun diTK Baitul Hikmah Pekanbaru.
Kata Kunci: Metode Multisensori, Kemampuan Membaca Pemulaan
Tidak tersedia versi lain