CD Skripsi
Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Fkip Universitas Riau Tentang Kurikulum 2013
Dewasa ini berkembang tuntutan untuk perubahan kurikulum pendidikan yang mengedepankan perlunya membangun karakterbangsa. Hal ini didasarkan pada fakta dan persepsi masyarakat tentang menurunnya kualitas sikap dan moral anak-anak atau generasi muda Untukitu, pemerintah mempersiapkan kurikulum baru yang diharapkan dapat diimplementasikan pada tahun ajaran 2013/2014 ini, pemerintah secara resmi mengumumkan diterapkannya kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 direncanakan untuk menghasilkan perserta didik yang produktif, kreatif, inovatif ,afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam implementasi kurikulum, guru dituntut untuk secara professional merancang pembelajaran efektif dan bermakna (menyenangkan), mengorganisasikan pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, menentukan prosedur pembelajaran dan pembentukan kompetensi secara efektif, serta menetapkan criteria keberhasilan (Mulyasa, 2013). Untuk menjadi guru yang professional tesebut maka Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau yang akan menjadi guru harus mempersiapkan diri dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
Mahasiswa dituntut untuk memahami kurikulum 2013. Bukan persoalan yang mudah untuk mempersiapkan guru yang ideal seperti harapan kurikulum 2013 dalam waktu singkat, terutama untuk merubah mindset guru dari yang asalnya hanya bertugas untuk mengajar sementara dalam kurikulum 2013 guru harus mampu mengarahkan siswa untuk aktif, produktif, kreatif, dan berfikir kritis.
Kurikulum 2013 sebenarnya baru tahap uji coba tetapi kurikulum ini sudah diterapkan di semua sekolah di Indonesia sehingga keberhasilan penerapan kurikulum 2013 tergantung pada pemahaman guru itu sendiri. Untuk itu, perlu diketahui bagaimana pemahaman mahasiswa PPL 2 disekolah terhadap kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dilakukan penelitiantentang Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Tentang Kurikulum 2013 .
Jenis penelitian ini adalah penelititan deskriptif, dengan menggunakan metode survey, adapun teknik yang digunakan dalam menentukan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling, dimana pemilihan sampel berjumlah 98 orang dengan pertimbangan tertentu atau didasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri popolasi yang sudah diketahui sebelumnya. Sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dengan cara soal tes pemahaman sebanyak 60 soal. Indikator standar kompetensi lulusan, standarisi, standar proses, standar penilaian, selanjutnya soal di uji validitas dan realibitas.
Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh 46 soal yang sangat valid, 9 soal yang valid dan terdapat 5 soal yang tidak valid, yaitu soal no 2,6,7,9 dan 22
ii
selanjutnya akan dilakukan perbaikan hingga mencapai kriteria valid. Kemudian diperoeh reliabilitas tessebesar 0,96 dengan criteria sangat tinggi. Untuk Tingkat Kesukaran diketahui sebanyak 10% dengan criteria sukar, 28% dengan criteria sedang, 61% dengan criteria mudah. Sedangkan Daya pembeda soal yaitu sebanyak 10% dengan criteria daya pembeda baik sekali, 47% dengan criteria daya pembeda baik, 37% dengan criteria daya pembeda cukup, 6% dengan criteria daya pembeda jelek. Untuk kualitas pengecoh soal diperoleh 30% dengan criteria kualitas pengecoh sangat baik,18% dengan criteria baik, 35% dengan criteria kualitas pengecoh cukup, 17% dengan criteria kualitas pengecoh jelek. Soal yang tidak valid dilakukan perbaikan, pernyataan soal, butir pengecoh, atau soal baru.
Hasil penelitian tentang pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau tentang kurikulum 2013 adalah 69,5% dengan criteria cukup, dimana dilihat dari indicator Standar Kompetensi Lulusan pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau tentang kurikulum 2013 adalah sebesar 65,8% dengan criteria cukup, pada indicator Standar Isi Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau tentang kurikulum 2013 didapatkan persentase 68,9% dengan criteria cukup, Pada indicator Standar Proses pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau tentang kurikulum 2013 adalah sebesar 70,0% dengan criteria baik, Pada indicator Standar Penilaian Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau tentang kurikulum 2013 adalah sebesar 73,4% dengan criteria baik.
Dari hasil penelitian ini adalah diharapkan Kepada Mahasiswa calon guru Biologi FKIP Universitas Riau untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang kurikulum 2013 sehingga implementasi kurikulum 2013 dilapangan/sekolah dapat berjalan efektif.
Tidak tersedia versi lain