Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Soal Tes Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengembangan Soal Tes Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

SRI DESI YUSNITA / 1705111190 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Hal ini disebabkan karena soal tes tidak dikembangkan sesuai dengan tuntutan berpikir kritis pada proses belajar mengajar IPA di Sekolah Dasar. Pengembangkan soal tes berbasis kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terutama dalam menganalisis sebuah permasalahan, sehingga siswa dapat memberikan jawaban yang dilengkapi dengan alasan-alasannya. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan soal tes kemampuan berpikir kritis dalam pelajaran IPA untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang valid dan reliabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Soal tes yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahasa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan software ANATES V4 dengan responden sebanyak 20 siswa kelas 5 sekolah dasar. Hasil validasi menunjukkan tingkat validitas materi 78,59% pada kategori sangat valid dan tingkat validitas bahasa yaitu 80% pada kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal tes yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan di Sekolah Dasar. Dari hasil praktikalitas, soal tes telah mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis.
Kata Kunci: Soal tes, Kemampuan berpikir kritis
iii
Abstract. This research is motivated by the low ability of students in solving critical thinking ability test questions. This is due to the lack of evaluation tools in the form of test questions based on critical thinking skills in the teaching and learning process in elementary schools. Developing test questions based on critical thinking skills in science lessons is expected to improve students' higher-order thinking skills, especially in analyzing a problem, so that it can encourage students to develop their thinking skills. Based on this, critical thinking skills test questions were developed in science lessons for fifth grade elementary school students. The aim of this research is to develop a valid and reliable test of students' critical thinking skills in science lessons for grade 5 elementary school students. The type of research used is research development (Research ang Development). The development model used is a 4-D model consisting of the stages of defining, designing, developing, and disseminating. The test questions developed were validated by 2 material experts and 1 linguist. Data was collected by means of tests and questionnaires. The data that has been collected was then analyzed using ANATES V4 software with 20 5th grade elementary school students as respondents. The validation results show the level of material validity is 78.59% in the very valid category and the level of language validity is 80% in the very valid category. The analysis using ANATES V4 software for the reliability value of 0.81 with a very good category. The discriminatory test results obtained 14 very good questions, 4 good questions and 2 questions with sufficient discriminating power. Analysis of the level of difficulty obtained the results of 5 questions with a difficulty index of difficulty and 15 questions with a moderate difficulty index. Furthermore, the distractor quality test was carried out on the questions, with good results that each alternative answer could be the student's choice when answering the questions.
Keywords: Test questions, critical thinking skills


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 05 17. 121 (0103)
05 17. 121 (0103)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 17. 121 (0103)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2021
Deskripsi Fisik
x, 87 hlm.: ill.: 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 17. 121 (0103)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FATAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?