CD Skripsi
2. Perlindungan Konsumen atas Klaim Layanan Puma Jual Produk Telepon Seluler Motorola di PT.Acerindo Prima Utama Cabang Pekanbaru menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Periindungan Konsumen
PT. Acerindo Prim a Utama cabang Pekanbaru sebagai penyedia Jayanan
puma jual produk telepon seluler Motorola memiliki kewajiban dal am hal
pemenuhan klaim puma jual yang diajukan oleh konsumen produk telepon seluler
Motorola. Konsumen sebagai pengguna telepon seluler Motorola sering
mengalami kekecewaan dalam hal jaminan yang diberikan oleh pelaku usaha atas
pembelian telepon seluler Motorola sebab hak-hak konsumen sering terabaikan
dalam hal pengajuan klaim atas jaminan tersebut. Kekecewaan tersebut
mengakibatkan kerugian bagi konsumen baik dalam hal waktu maupun biaya
yang cukup besar.
Penulis merumuskan beberapajmasalah pokok yaitu bagaimana pelaksanaan
perlindungan konsumen atas klaim layanan puma jual produk telepon seluler
Motorola di PT. Acerindo Prima Utama cabang Pekanbaru menurut Undang-
Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, apa yang menjadi
hambatan dalam pelaksanaan perlindungan konsumen atas klaim layanan puma
jual produk telepon seluler Motorola di PT. Acerindo Prima Utama cabang
Pekanbaru menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan
Konsumen, dan upaya apa yang dilakukan PT. Acerindo Prima Utama cabang
Pekanbaru dalam menghadapi klaim konsumen atas layanan puma jual.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum sosiologis yaitu
penelitian terhadap efektifitas hukum yang sedang berlaku. Sifat penelitian ini
deskriptif yaitu menggambarkan secara lengkap dan terperinci mengenai layanan
puma jual produk telepon seluler Motorola. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, kuisioner dan wawancara. Adapun yang menjadi
populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu konsumen yang mengajukan klaim
puma jual sebanyak 33 orang dan pihak PT. Acerindo Prima Utama cabang
Pekanbaru sebanyak 1 orang.
Hasil penelitian dalam hal pelaksanaan perlindungan konsumen yang
dilakukan oleh PT. Acerindo Prima Utama cabang Pekanbaru, berkaitan dengan
tanggung jawab yang diberikan oleh PT. Acerindo Prima Utama cabang
Pekanbaru terhadap klaim puma jual produk telepon seluler Motorola yang
diajukan oleh konsumen dimana tanggung jawab tersebut tidak terlaksana dengan
baik karena PT. Acerindo Prima Utama cabang Pekanbaru menerapkan prinsip
tanggung jawab dengan pembatasan disamping itu dalam pelaksanaan
perlindungan konsumen atas klaim layanan puma jual di PT. Acerindo Prima
Utama cabang Pekanbaru terdapat hambatan yaitu konsumen tidak mengetahui
apa yang menjadi hak dan kewajibannya dan tidak adanya kepastian atas
perbaikan telepon seluler Motorola yang disebabkan karena tidak adanya
persediaan spare part seharusnya sebagai penyedia layanan puma jual Motorola
yang merupakan merek temama dalam bidang telepon seluler, dalam memasarkan
produk telepon seluler Motorola hams didukung persediaan komponen dalam
mengantisipasi klaim puma jual dari konsumen. Upaya penyelesaian yang dipilih
oleh PT. Acerindo Prima Utama cabang Pekanbam dalam menghadapi klaim
konsumen atas layanan puma jual yaitu secara musyawarah atau damai.
Tidak tersedia versi lain