Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektivitas Penggunaan Kit Ipa Melalui Model Icare Pada Materi Gerak Dan Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Efektivitas Penggunaan Kit Ipa Melalui Model Icare Pada Materi Gerak Dan Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru

Salwa Azella / 2005114595 - Nama Orang;

Kegiatan praktikum merupakan suatu hal yang tak terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA melalui kegiatan praktikum di Laboratorium merupakan satu kegiatan yang memberikan pengalaman langsung pada peserta didik. Proses penyerapan materi pembelajaran dapat diterima secara langsung melalui pemanfaatan media dalam kegiatan eksperimen, salah satunya dengan pemanfaatan media yaitu KIT IPA. Penggunaan KIT IPA dalam pembelajaran IPA akan mengajak peserta didik untuk belajar IPA secara utuh, bukan sekedar menghafal konsep-konsep pengetahuan alam, namun juga mempelajari apa, mengapa, dan bagaimana konsep-konsep tersebut ditemukan melalui kegiatan percobaan di laboratorium. Dengan menggunakan KIT IPA diharapkan peserta didik akan menerima materi pembelajaran secara optimal, sehingga timbullah motivasi belajarnya, dan harapannya prestasi belajarnya pun akan meningkat. Namun kenyataanya KIT IPA masih belum banyak dimanfaatkan ketika pembelajaran hal itu menyebabkan KIT IPA yang tidak digunakan menjadi rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan KIT IPA melalui model ICARE pada materi gerak dan gaya. Manfaat bagi peserta didik yaitu dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, sedangkan manfaat bagi guru yaitu dapat dijadikan alternatif pembelajaran fisika yang lebih kontekstual.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Pekanbaru dimulai pada bulan Januari – Maret 2024. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Quasi -Experimental Design dengan rancangan penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru. Pengambilan sampel berdasarkan uji normalitas dan homogenitas hasil ulangan materi sebelumnya. Penentuan kelas yang akan dijadikan sampel ditentukan dengan cara undian pada kelas yang homogen. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis hasil belajar kognitif. Data di analisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan KIT IPA melalui model ICARE dengan yang tidak menggunakannya. Hasil belajar kelas yang menggunakan KIT IPA melalui model ICARE pada materi gerak dan gaya berada pada kategori Baik dengan persentase sebesar 71%, sedangkan untuk kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori Cukup Baik dengan persentase sebesar 49%. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whitney diperoleh hasil sebesar 0,001 yang artinya kecil dari 0,05. Sehingga secara inferensial terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga pembelajaran menggunakan KIT IPA melalui model ICARE dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran IPA fisika. Penelitian serupa juga dapat dilakukan untuk materi dan jenjang sekolah yang berbeda . Dengan demikian pembelajaran menggunakan KIT IPA melalui model ICARE efektif mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik karena terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005114595
2005114595
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005114595
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP – Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005114595
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?