CD Skripsi
Pengembangan Kit Listrik Dinamis Berbasis Kontekstual Dan Energi Terbarukan Pada Materi Rangkaian Listrik IPA SMP
Pendidikan merupakan pilar penopang suatu bangsa dimana bangsa akan maju manakala pendidikan di suatu bangsa bermutu dan terarah. Negara Indonesia sebagai salah satu negara berkembang saat ini perlu adanya suatu upaya peningkatan kualitas pendidikan agar dapat sejalan dengan perkembangan era globalisasi saat ini. Indonesia saat ini kualitas pendidikannya dalam dunia internasional berada pada peringkat ke-67 dari 203 negara di tahun 2023. Hal tersebut menunjukan bahwa masih banyak tantangan ke depan yang dihadapi oleh seluruh rakyat Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dapat dikurangi melalui pembelajaran IPA yang mengarahkan keterpusatan pada (students centered). Kegiatan pembelajaran yang interaktif dipengaruhi salah satunya oleh media belajar dan sumber belajar sebagai alat bantu yang berguna dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran fisika adalah adanya alat peraga dalam praktikum. Oleh karena itu, KIT dalam proses pembelajaran menjadi penting karena akan menjadikan proses pembelajaran tersebut menjadi lebih bervariasi dan interaktif. Penggunaan KIT berbasis kontekstual dapat mendukung lebih baik dalam membantu siswa dalam memecahkan masalah dan menarik kesimpulan dari pembelajaran dengan mengaplikasikannya melalui sains, teknologi, teknik dan matematika yang dapat membuat siswa memperoleh pengetahuan yang lengkap, lebih terampil dalam menangani kehidupan nyata dan mengembangkan pemikiran kritis.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan KIT berbasis Kontekstual dan lembar kerja peserta didik serta menguji kepraktisannya pada materi rangkaian listrik kelas IX SMP. Manfaat penelitian ini selanjutnya dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar untuk menciptakan situasi belajar yang interaktif dan partisipatif yang melibatkan unsur-unsur Kontekstual.
Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Objek dari penelitian ini adalah KIT listrik dan lembar kerja peserta didik. Data penelitian ini adalah data validasi dan data praktikalitas. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yang merupakan dosen di bidang pendidikan fisika. Sebelum data validasi diambil peneliti melakukan analisis yang selanjutnya membuat rancangan KIT. Setelah rancangan KIT selesai, maka tahap selanjutnya adalah membuat KIT. Data untuk validasi KIT ini dilakukan dengan dua kali validasi yang diiringi dengan saran dan perbaikan setelahnya. Praktikalitas dilakukan di SMAN 6 Pekanbaru yang diberikan oleh responden yang terdiri dari tiga orang guru dan 20 orang murid. Adapun pengujian praktikalitas perangkat eksperimen dilakukan dengan cara responden melakukan uji kepraktisan penggunaan alat eksperimen dan Lembar Kerja Peserta Didik. Setelah selesai melakukan uji kepraktisan, responden akan dimintai tanggapan mengenai alat eksperimen dan Lembar Kerja Peserta Didik dengan mengisi lembar angket yang telah disiapkan oleh peneliti.
Pengembangan KIT ini diawali oleh tahap analisis untuk mencari permasalahan dan syarat-syarat perlunya pengembangan KIT ini yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Setelahnya diikuti tahap desain yaitu tahap merancang KIT sesuai dengan tahap analisis. Dilanjutkan ke tahap pengembangan dimana KIT ini divalidasi oleh tiga orang validator sebagai pakar yang merupakan dosen Pendidikan Fisika Universitas Riau. Hasil yang diperoleh untuk KIT dan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk eksperimen rangkaian listrik, hukum ohm dan energi alternatif sangat valid. Adapun hasil uji praktikalitas alat dan lembar kerja peserta didik (LKPD) menurut guru sangat tinggi dengan rata-rata skor 4. Hasil uji praktikalitas alat dan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan kategori sangat tinggi. Sehingga KIT berbasis Kontekstual pada materi Rangkaian Listrik dinyatakan praktis dengan kategori sangat tinggi.
Secara keseluruhan KIT Listrik Dinamis berbasis Kontekstual pada materi Rangkaian Listrik kelas IX SMP dinyatakan valid dan dinyatakan praktis sehingga layak digunakan sebagai KIT IPA fisika Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini terbatas hanya pada rancangan pembuatan perangkat serta pengujian validitas dan praktikalitas dari KIT yang telah dibuat, sebagai rekomendasi KIT yang telah dibuat dapat digunakan di sekolah-sekolah untuk mengatasi masalah-masalah dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain