CD Skripsi
Implementasi Model Pembelajaran Ecirr (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tambang
Pendidikan adalah salah satu kunci kemajuan suatu bangsa, dengan adanya sistem pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan diwujudkan dengan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang penting bagi peserta didik, namun pentingnya pelajaran fisika belum diimbangi dengan hasil belajar yang baik. Berdasarkan hasil PISA 2019 dan UNBK 2019 menunjukkan skor rata- rata dibidang sains masih cukup rendah. Hal ini menunjukan bahwa hasil pelajaran fisika di sekolah masih kurang optimal. Tujuan pembelajaran fisika dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara belajar dengan tekun dan efektif melalui pembelajaran yang inovatif dan bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa dimana siswa dituntut aktif di kelas dengan melatihkan siswa untuk membangun pengetahuan konsep sendiri yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya implementasi model pembelajaran ECIRR serta mengetahui efektivitas pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tambang pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 139 siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa yang terdiri atas 34 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil posttest berupa tes hasil belajar kognitif setelah pelaksanaan pembelajaran usaha dan energi pada kedua kelas. Kelas yang terpilih menjadi kelas kontrol yaitu kelas XI.1 dan kelas eksperimen adalah kelas XI.2.
Data penelitian dikumpulkan dengan cara pemberian tes hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan pembelajaran sebanyak 4 kali pertemuan dengan perlakuan yang sesuai pada kedua kelas. Tes ini disusun berdasarkan aspek kognitif pada Taksonomi Bloom yang direvisi, tersusun atas 20 item soal. Data penelitian berupa hasil posttest diolah secara kuantitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Analisis data dilakukan setelah data dikumpulkan. Analisis yang dilakukan terdiri atas analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah 67,79 (kategori baik) dan skor rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol adalah 51,43 (kategori cukup). Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki skor rata-rata hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi < 0.05. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang sifgnifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran ECIRR efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi usaha dan energi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tambang. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dan menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Tidak tersedia versi lain