CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Sosial Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPA Fisika Di Kelas IV SD Negeri 016 Tambusai
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar keterampilan sosial
siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi
bunyi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD 016 Tambusai TP. 2008/2009
yang beijumlah 50 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan
keterampilan sosial. Data di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil analisis menunjnkkan bahwa aspek keterampilan sosial siswa yang dominan
muncul adalah berada dalam tugas dan mengambil giliran dalam berbagi tugas dan
tingkat keterampilan siswa, 100 % siswa berada pada kategori tinggi. Dengan
demikian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat melatih
keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPA fisika di kelas IV SD 016
Tambusai.
Kata kunci: Keterampilan sosial siswa, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Tidak tersedia versi lain