CD Skripsi
Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Kit Hidrostatika Dan Panas Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sma
Pendidikan memiliki peran penting bagi kemajuan sebuah bangsa dan negara. Pada abad 21 ini banyak sekali negara di dunia berlomba-lomba untuk terus meningkatkan kualitas dunia pendidikannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan memiliki daya saing yang tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada sebuah negara yaitu melalui pengembangan proses pendidikan yang berbasis sains. Hasil The Programme For International Student Assessment (PISA) tahun 2022 pada kategori kemampuan membaca, Indonesia berada di peringkat ke 68 dari 79 negara. Menyadari bahwa rendahnya kemampuan siswa untuk memahami materi IPA terutama fisika yang dipengaruhi oleh suasana pembelajaran yang kurang bervariasi, hal ini menjadi acuan sebagai seorang guru untuk mengupayakan bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan perubahan pada abad ke-21. Salah satunya dengan cara menggunakan pendeketan saintifik dan media pembelajaran yang memanfaatkan alat labor yaitu KIT yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa SMA dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan KIT hidrostatika dan panas pada materi kalor dan mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa SMA antara pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan KIT hidrostatika dan panas pada materi kalor dengan pembelajaran konvensional pada materi kalor. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa, penelitian ini diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI. Kelas yang diberikan perlakuan dengan pembelajaran
yang menerapkan pendekatan saintifik berbantuan KIT hidrostatika dan panas atau kelompok eksperimen yaitu kelas XI Engineering 1 dan kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional yaitu kelas XI Engineering 3. Setelah selesai diberikan perlakuan, kedua kelas mengikuti tes hasil belajar kognitif berupa posttest hasil belajar kognitif yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda, dimana setiap soal memakai ranah kognitif dari C1-C6. Hasil yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis data secara deskriptif yang telah diperoleh siswa terdapat perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif sebesar 12,63, dimana untuk rata-rata kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 83,30 dengan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata kelas kontrol memperoleh rata- rata sebesar 70,67 dengan kategori baik. Secara analisis inferensial didapatkan hasil signifikansi p = 0,000, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan pendekatan saintifik berbantuan KIT hidrostatika dan panas dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan taraf kepercayaan 95%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan KIT hidrostatika dan panas dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penerapan pendekatan saintifik berbantuan KIT hidrostatika dan panas sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi kalor.
Tidak tersedia versi lain