CD Skripsi
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi Smas Babussalam Pekanbaru
Kata Kunci: Pengaruh, Kompetensi Pedagogik Guru, PPKn, Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukanannya fenomena-fenomena peserta didik di SMAS Babussalam Pekanbaru pada saat pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang meninggalkan kelas dan pulang ke asrama ketika jam pembelajaran berlangsung, kemudian juga ditemukan siswa yang tidak bersemangat lalu mengantuk dan tidur disaat pembelajaran berlangsung, siswa kurang responsif ketika pembelajaran berlangsung, dan juga ditemukan para siswa yang tidak fokus dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penilitian dengan judul Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Pada Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kompetensi Pedagogik Guru PPKn berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru. Manfaat penelitian ini yaitu sekolah bisa menambah dan mengembangkan pengetahuan tentang kompetensi pedagogik guru serta menanamkan kepada guru agar meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimilikinya, siswa dapat lebih termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran terkhususnya pembelajaran PPKn, untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru, serta menambah referensi bagi peneliti yang ingin membahas dan mengkaji permasalahan yang sama.
Metode penilitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunkan kuesioner dengan 40 butir pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 orang dengan penarikan sampel menggunakan rumus issac dan michael dengan tarap kesalahan 1% maka sampel berjumlah 98 responden siswa kelas XI dengan menggunakan Teknik Ramdom Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru, maka dapat disimpulkan bahwasannya : Ada pengaruh positif Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menggunakan SPPS versi 26 diketahui bahwasannya regresi linear sederhana pada penelitian ini yaitu Ŷ= 12,033+0,295X. Hasil persamaan diatas dapat diartikan konstanta sebesesar 12,033 yang memiliki arti bahwasannya nilai konsistensi variable Kompetensi Pedagogik Guru PPKn koefisien regresi X sebesar 0,295 yang menyatakan bahwa penambahan 1% nilai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, maka pembentukan warga negara global akan bertambah sebesar 0,295. Koefisien bernilai positif yang artinya Kompetensi Pedagogik Guru PPKn (X) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) berpengaruh positif.
Sedangkan hasil uji t diketahui nilai Fhitung sebesar 136.334 ≥ Ftabel sebesar 3,94, sehingga apat ditarik kesimpulan bahwasannya Fhitung lebih besar dari Ftabel Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan hipotesis penelitian ini diterima bahwasannya ada pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Motivasi Belajar Siswa serta berdasarkan perhitungan diatas, diperoleh koefesien determinasi (R-Square) yaitu sebesar 0,587 atau dalam persentase sebesae 58,7% dapat diartikan pengaruh antara Kompetensi Pedagogik Guru PPKn (variabel X) terhadap Motivasi belajar Siswa (variabel Y) yaitu sebesar 58,7%, sedangkan 41,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain