Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi Smas Babussalam Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi Smas Babussalam Pekanbaru

Hersal / 2005111070 - Nama Orang;

Kata Kunci: Pengaruh, Kompetensi Pedagogik Guru, PPKn, Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukanannya fenomena-fenomena peserta didik di SMAS Babussalam Pekanbaru pada saat pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang meninggalkan kelas dan pulang ke asrama ketika jam pembelajaran berlangsung, kemudian juga ditemukan siswa yang tidak bersemangat lalu mengantuk dan tidur disaat pembelajaran berlangsung, siswa kurang responsif ketika pembelajaran berlangsung, dan juga ditemukan para siswa yang tidak fokus dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penilitian dengan judul Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Pada Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kompetensi Pedagogik Guru PPKn berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru. Manfaat penelitian ini yaitu sekolah bisa menambah dan mengembangkan pengetahuan tentang kompetensi pedagogik guru serta menanamkan kepada guru agar meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimilikinya, siswa dapat lebih termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran terkhususnya pembelajaran PPKn, untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru, serta menambah referensi bagi peneliti yang ingin membahas dan mengkaji permasalahan yang sama.
Metode penilitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunkan kuesioner dengan 40 butir pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 orang dengan penarikan sampel menggunakan rumus issac dan michael dengan tarap kesalahan 1% maka sampel berjumlah 98 responden siswa kelas XI dengan menggunakan Teknik Ramdom Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru, maka dapat disimpulkan bahwasannya : Ada pengaruh positif Kompetensi Pedagogik Guru PPKn Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMAS Babussalam Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menggunakan SPPS versi 26 diketahui bahwasannya regresi linear sederhana pada penelitian ini yaitu Ŷ= 12,033+0,295X. Hasil persamaan diatas dapat diartikan konstanta sebesesar 12,033 yang memiliki arti bahwasannya nilai konsistensi variable Kompetensi Pedagogik Guru PPKn koefisien regresi X sebesar 0,295 yang menyatakan bahwa penambahan 1% nilai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, maka pembentukan warga negara global akan bertambah sebesar 0,295. Koefisien bernilai positif yang artinya Kompetensi Pedagogik Guru PPKn (X) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) berpengaruh positif.
Sedangkan hasil uji t diketahui nilai Fhitung sebesar 136.334 ≥ Ftabel sebesar 3,94, sehingga apat ditarik kesimpulan bahwasannya Fhitung lebih besar dari Ftabel Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan hipotesis penelitian ini diterima bahwasannya ada pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Motivasi Belajar Siswa serta berdasarkan perhitungan diatas, diperoleh koefesien determinasi (R-Square) yaitu sebesar 0,587 atau dalam persentase sebesae 58,7% dapat diartikan pengaruh antara Kompetensi Pedagogik Guru PPKn (variabel X) terhadap Motivasi belajar Siswa (variabel Y) yaitu sebesar 58,7%, sedangkan 41,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005111070
2005111070
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005111070
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005111070
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • RINGKASAN
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?