CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Kelas X SMK PGRI Pekanbaru
Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi umat manusia supaya untuk memperluas ilmu pengetahuan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, salah satu pembelajaran yang ada di sekolah adalah pembelajaran fisika. Fisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang tidak hanya dipelajari melalui penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta, prinsip atau konsep saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan yang didapat dengan mencari tahu tentang fenomena alam secara sistematis. Berdasarkan fakta di lapangan, pembelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa dikarenakan dalam pembelajaran fisika siswa sering merasa bosan karena pembelajaran yang terkesan monoton. Pada saat guru menyampaikan tugas, siswa merasa sulit menjawab pertanyaan guru sehingga membuat hasil belajar siswa yang diharapkan tidak akan tercapai, maka dibutuhkan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang baik salah satunya melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran powerpoint interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif dengan model pembelajaran konvensioanl pada materi energi dan perubahannya kelas X SMK.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Posttest Only Nonequvalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X SMK PGRI Pekanbaru yang terbagi kedalam 4 kelas yang kemudian dipilih 2 kelas secara acak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas X OTKP sebagai kelas eskperimen yang diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif dan kelas X AKL sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah posttest hasil belajar kognitif dalam bentuk soal objektif. Hasil data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang diterapkan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interkatif adalah berkategori baik dengan rata-rata sebesar 78 dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional berkategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 64,07. Hasil analisis inferensial yang diperoleh dengan bantuan aplikasi SPSS dimana hasil yang didapatkan bahwa kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan perubahnnya kelas X SMK PGRI Pekanbaru. Peneliti menyadari kemampuan yang dimiliki sangat terbatas, maka disarankan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti pada bidang ilmu yang berbeda menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan berbantuan media lainnya
Tidak tersedia versi lain