Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Kelas X SMK PGRI Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya Kelas X SMK PGRI Pekanbaru

Syarifah Nur Kholisoh / 1905124699 - Nama Orang;

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi umat manusia supaya untuk memperluas ilmu pengetahuan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, salah satu pembelajaran yang ada di sekolah adalah pembelajaran fisika. Fisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang tidak hanya dipelajari melalui penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta, prinsip atau konsep saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan yang didapat dengan mencari tahu tentang fenomena alam secara sistematis. Berdasarkan fakta di lapangan, pembelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa dikarenakan dalam pembelajaran fisika siswa sering merasa bosan karena pembelajaran yang terkesan monoton. Pada saat guru menyampaikan tugas, siswa merasa sulit menjawab pertanyaan guru sehingga membuat hasil belajar siswa yang diharapkan tidak akan tercapai, maka dibutuhkan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang baik salah satunya melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran powerpoint interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif dengan model pembelajaran konvensioanl pada materi energi dan perubahannya kelas X SMK.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Posttest Only Nonequvalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X SMK PGRI Pekanbaru yang terbagi kedalam 4 kelas yang kemudian dipilih 2 kelas secara acak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas X OTKP sebagai kelas eskperimen yang diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif dan kelas X AKL sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah posttest hasil belajar kognitif dalam bentuk soal objektif. Hasil data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang diterapkan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interkatif adalah berkategori baik dengan rata-rata sebesar 78 dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional berkategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 64,07. Hasil analisis inferensial yang diperoleh dengan bantuan aplikasi SPSS dimana hasil yang didapatkan bahwa kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media powerpoint interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan perubahnnya kelas X SMK PGRI Pekanbaru. Peneliti menyadari kemampuan yang dimiliki sangat terbatas, maka disarankan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti pada bidang ilmu yang berbeda menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan berbantuan media lainnya


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1905124699
1905124699
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1905124699
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1905124699
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?