Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Teori Newman Kelas VIII-D SMPN-23 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Teori Newman Kelas VIII-D SMPN-23 Pekanbaru

Ahmad Fauzi Ash Shiddieqy / 2005136143 - Nama Orang;

Soal HOTS dirancang untuk menilai dan mendorong kemampuan berpikir kompleks siswa. Namun, hasil evaluasi internasional seperti PISA menunjukkan bahwa kemampuan HOTS siswa di Indonesia masih rendah dan menurun sejak 2015. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada tanggal 10 November 2023 di SMPN 23 Pekanbaru, mendapati fakta bahwa hasil ulangan harian menunjukkan nilai di bawah rata-rata siswa pada soal HOTS materi pola bilangan.
Menanggapi masalah ini, penting untuk dilakukan analisis kesalahan yang mendalam pada penyelesaian soal HOTS. Teori Newman menawarkan pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi dan memahami kesalahan siswa melalui lima tahap hirarki: kesalahan membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan teori Newman dalam menganalisis kesalahan siswa kelas VIII-D SMPN 23 Pekanbaru dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi pola bilangan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna untuk meningkatkan pembelajaran matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa kelas VIII D di SMPN 23 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang terdiri dari 6 soal HOTS yang relevan dan wawancara kepada 13 siswa secara mendalam. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada tahap reduksi data, peneliti mengoreksi jawaban tes siswa, mendiskualifikasikan jenis kesalahan sesuai teori Newman, dan mentransformasikan hasil wawancara menjadi data tertulis. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan persentase untuk mengidentifikasi pola kesalahan yang dominan. Kesimpulan ditarik berdasarkan perbandingan hasil tes dan wawancara untuk memberikan gambaran lengkap tentang kesalahan yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk memastikan keabsahan data, teknik triangulasi diterapkan dengan membandingkan hasil tes dan wawancara.
Hasil penelitian mengenai identifikasi jenis kesalahan berdasarkan teori Newman adalah sebagai berikut; (1) Kesalahan membaca, dengan persentase 27%, melibatkan kesulitan dalam mengurutkan pola atau angka dalam soal, disebabkan oleh ketidakfokusan dan kurangnya pemahaman simbol. (2) Kesalahan memahami masalah terjadi pada 40% siswa, yang gagal menyusun informasi dengan benar akibat kurangnya kebiasaan sistematis dan penguasaan materi. (3) Kesalahan transformasi, yang terjadi pada 50% siswa, menunjukkan ketidakmampuan dalam memilih atau menggunakan rumus yang tepat, disebabkan oleh ketidaktahuan tentang rumus yang benar. (4) Kesalahan kemampuan proses, yang tercatat pada 51% siswa, mencerminkan masalah dalam perhitungan meskipun metode yang benar telah dipilih, sering kali disebabkan oleh kurangnya ketelitian. (5) Kesalahan penentuan jawaban akhir adalah yang paling tinggi, mencapai 61%, menunjukkan ketidakmampuan dalam menentukan jawaban akhir dengan benar, sering disebabkan oleh kurangnya kebiasaan dalam menyusun kesimpulan.
Temuan ini menekankan perlunya perhatian pada setiap tahap dalam proses penyelesaian soal, dari membaca dan memahami soal hingga memilih metode yang tepat dan menyusun jawaban akhir, untuk meningkatkan ketelitian dan pemahaman siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan, yang kemudian berdasarkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian-penelitian kedepannya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005136143
2005136143
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005136143
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Matematika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005136143
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?