CD Skripsi
Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penggunaan Metode Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru. Selama kegiatan pembelajaran terdapat permasalahan siswa dari penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Pada penelitian ini adapun rumusan masalah yang dapat dirumuskan adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru? Kemudian tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru.
Adapun manfaat dari penelitian yang telah dilakukan antara lain sebagai sumber referensi dan bahan kajian yang relevan bagi dunia pendidikan dan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penelitian selanjutnya khususnya bagi dunia pendidikan, Lebih memahami kendala yang dihadapi siswa selama pembelajaran berlangsung sehingga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan Sebagai referensi guru mengenai penggunaan metode pembelajaran yang tepat untuk peserta didik kemudian guru mampu berkreasi dan berinovasi terhadap metode tersebut salah satunya menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eskperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain yang terdiri dari dua kelompok yang tidak dipilih secara random dan diberi perlakuan pre-test dan post-test untuk mengetahui keadaan awal dan akhir adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol (Sugiyono,2019:116). Adapun instrument penelitian yang dilakukan adalah lembar observasi kegiatan guru dan siswa, tes tertulis dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru yang berjumlah 86 siswa/i. Adapun teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara mengambil wakil dari setiap wilayah atau kelompok (Ridwan ,2014:60). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 57 siswa yang terdiri dari dua kelas. Adapun kelas tersebut terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Pengambilan sampel didasari oleh dilakukannya uji homogenitas untuk mengetahui apakah populasi dari kelas VII homogen atau tidak.
Kemudian analisis data yang dilakukan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat dan analisis data inferensial(uji t, Uji Paired Sample T-Test dan Uji Independen Sample T-Test). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat terdapat pengaruh positif dan signifikan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-Test pada kelas eksperimen terdapat perbedaan rata rata pada pre-test dan post-test dengan hasil Signifikansi atau Sig (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 yang artinya adanya perbedaan rata rata dari variabel hasil belajar yang signifikan yang telah dilakukan. Adapun hasil dari Uji Independent Sample T-Test adalah nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) kelas eksperimen sebesar 0.00 < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar PPKn dan hasil thitung 5,592 > 1,673 nilai ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Tidak tersedia versi lain