CD Skripsi
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKN Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa Di SMA Nurul Falah Pekanbaru
Penelitian ini di latar belakangi oleh kompetensi kepribadian guru PPKn dan karakter peduli sosial siswa di SMA Nurul Falah Pekanbaru. Ada beberapa permasalahan terkait karakter peduli sosial siswa seperti masih adanya beberapa siswa yang masih di jumpai sering bertengkar dengan teman, tidak menghormati guru saat belajar, kurangnya rasa empati kepada teman, kurangnya inisiatif dalam berinfaq, kurangnya perhatian sikap menolong sesama teman, dan kurangnya sikap sopan santun antar sesama. Peran guru PPKn dalam pembentukan karakter peduli sosial pada siswa sangatlah penting. Seperti diketahui bahwa mata pelajaran PPKn mempelajari mengenai sikap, moral, dan karakter yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Guru PPKn diharapkan dapat membantu peserta didik menerapkan materi yang telah diajarakan di mata pelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Adapun rumusan masalah dalam penelian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa di SMA Nurul Falah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa. Manfaat hasil penelitian ini yakni dapat mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa dan di harapkan bisa sebagai bahan acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya yang relevan dengan penelitian ini.
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Adapun yang dilakukan terhadap sampel penelitian melalui pendekatan statistik guna mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket yang terdiri dari 40 pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru yang berjumlah 89 siswa dan penentuan jumlah sampel di tentukan berdasarkan teknik total sampling. Sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel.
Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa di SMA Nurul Falah Pekanbaru, maka diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif antara kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa di SMA Nurul Falah Pekanbaru. hal tersebut dapat di buktikan dengan analisis regresi linear sedehana menggunakan SPSS dapat diketahui regresi linear sederhana yaitu Y= 20,416 + 0,335 X. Hasil persamaan di atas dapat diterjemahkan konstanta sebesar 20,416 yang mengandung arti bahwa nilai konsistensi variabel kompetensi kepribadian guru PPKn 20,416, hasil koefisien regresi X sebesar 0,335 bernilai positif yang menyatakan bahwa ada penambahan 1% nilai kompetensi keperibadian guru PPKn, maka karakter peduli sosial siswa akan bertambah sebesar 0,335. Adapun hasil yang diperoleh adalah koefisien bernilai positif yang artinya kompetensi kepribadian guru PPKn (X) terhadap karakter peduli sosial siswa (Y) berpengaruh positif.
Sedangkan dari hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 15,756 dan Ftabel sebesar 3,95 dimana hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, berdasarkan pernyataan tersebut maka hipotesis penelitian ini di terima. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dijelaskan bahwa besarnya nilai hubungan (R) yaitu 0,392, maka terdapat hubungan dengan tingkatan rendah antara kompetensi kepribadian guru PPKn (variabel x) terhadap karakter peduli sosial siswa (variabel y). Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,153 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa adalah sebesar 15,3% sedangkan sisanya 84,7% (100%-15,3%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti pada penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain