CD Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Ppkn Terhadap Mentaati Tata Tertib Sekolah Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih melanggar Tata Tertib Sekolah, dengan adanya pembelajaran PPKn diharapkan siswa tahu tentang tanggung jawab untuk mentaati tata tertib sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh pembelajaran PPKn terhadap mentaati tata tertib sekolah siswa di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru? Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran PPKn terhadap mentaati tata tertib sekolah siswa di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru. Manfaat dari penelitian ini, yaitu manfaat secara teoritis agar lebih berpengetahuan dan tanggap khususnya mengenai bagaimana pembelajaran PPKn mempengaruhi pemahaman siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah. Manfaat praktis, yaitu dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan secara langsung mengenai pengaruh pembelajaran PPKn terhadap mentaati tata tertib sekolah siswa di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru dan dijadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian sejenis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan deskriptif kuantitatif, instrumen pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari 18 pertanyaan untuk variabel Pembelajaran PPKn dan 17 pertanyaan untuk variabel tata tertib sekolah. Populasi pada penelitian ini, sebanyak 75 responden dengan menggunakan total sampling. Teknik analisis
data yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan regresi linier sederhana, yaitu y=a+bX dan menggunakan uji F dengan bantuan SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran PPKn Terhadap Mentaati Tata Tertib Sekolah Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru, dapat ditarik kesimpulan, terdapat pengaruh positif antara Pembelajaran PPKn terhadap Tata Tertib Sekolah di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana yaitu ϒ^ = 7,508 + 0,906 X. Hasil persamaan diatas dapat diterjemahkan konstanta sebesar 7,508 mengandung arti bahwa nilai koefisien variabel pembelajaran PPKn 7,508 koefisien regresi X sebesar 0,906 yang menyatakan bahwa penambahan 1% pembelajaran PPKn, maka tata tertib sekolah akan bertambah sebesar 0,906, koefisien bernilai positif artinya Pembelajaran PPKn (X) terhadap Tata Tertib Sekolah (Y) berpengaruh positif. Sedangkan, Fhitung 7,49 > Ftabel 3,97 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa, sehingga secara simultan Pembelajaran PPKn (X) berpengaruh terhadap Tata Tertib Sekolah
(Y) siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain