Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA IT Fadhillah Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Disertasi

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA IT Fadhillah Pekanbaru

Afni musdalina / 2005111053 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran SMA IT Fadhilah Pekanbaru terkhususnya pada kelas X yaitu rendahnya motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya model/metode pembelajaran dengan metode ceramah berupa penyampai materi dan siswa hanya sebagai pendengar. Sehingga kesulitian dalam pemahaman materi ketika belajar. Ketidak mampuan siswa dalam memahami dengan baik apa yang di ajarkan oleh guru menimbulkan hambatan dalam proses pembelajaran hal ini, dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti agar dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA IT Fadhilah Pekanbaru.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA IT Fadhilah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA IT Fadhilah Pekanbaru. Adapun manfaat penelitian ini penelitian ini dapat menjadi dasar, bahan acuan dan sumber informasi untuk memantau penelitian ini atau penelitian selanjutnya dalam cakupan yang lebih luas.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan menggunakan analisis deskriptif terhadap sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner (angket), lembar observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Fadhilah Pekanbaru yang terdiri dari 64 siswa dan sampel pada penelitian ini diambil 43 siswa yaitu kelas X Bilingual dan X Multimedia.
Berdasarkan perhitungan Uji t (Independent Sample t-test) pada tabel
4.62 bahwa Sig. (2-tailed) = 0,004 pada taraf signifikan 5% atau 0,05, jadi 0,004 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan keputusan berdasarkan signifikansi, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMA IT Fadhilah Pekanbaru.
Perhitungan uji N-gain. Uji N-Gain digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji N-Gain kelas eksperimen diperoleh skor N-Gain hitung
60.15 ≥ 0,7 maka peningkatannya adalah (cukup efektif), sebaliknya kelas kontrol skor N-Gain hitung 39.30 > 0,7 sama-sama meningkat (kurang efektif) maka dapat disimpukan bahwa model pembelajarn project based learning cukup efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA IT Fadhilah Pekanbaru.

Kata Kunci : Pengaruh, Project Based Learning, Motivasi Belajar


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005111053
2005111053
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005111053
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005111053
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?