CD Skripsi
Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ips Universitas Riau)
Saat ini masyarakat mulai beralih ke pasar maya dan telah terbiasa dengan teransaksi jual beli melalui internet. Menjamurnya Smartphone dengan fasilitas internet yang menawarkan fitur sosial media Online, artinya semakin banyak masyarakat dari kelas menengah mengerti dan teredukasi mengenai perdagangan via internet sehingga perusahaan e-commerce pun memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang pesat di Indonesia, terbukti dengan banyak program bisnis Online seperti Shopee, Zalora, Tokopedia, Bukalapak.com, Blibli.com, Lazada dan baru- baru ini Aplikasi Shopee sedang marak diminati oleh masyrakat Indonesia. Shopee merupakan platform e-commerce yang menyediakan berbagai macam produk, mulai dari produk fashion hingga kebutuhan sehari-hari. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile yang memudahkan pengguna untuk melakukan kegiatan belanja Online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja, memungkinkan pengguna untuk mencari, memilih, dan membeli produk dengan cepat dan efisien langsung dari smartphone mereka
Penelitian ini dilatar belakangi oleh data penjualan Shopee Indonesia dari Bulan Januari – Mei 2024 yang mengalami fluktuasi atau penurunan pada bulan Februaru-Maret. Hal ini menunjukkan adanya penurunan keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Apabila keadaan ini terjadi terus-menerus, maka Shopee akan mengalami penurunan penjualan yang signifikan dan tentunya posisi Shopee akan jauh berada dibawah diantara e-commerce lainnya, sehingga akan mengakibatkan kerugian dalam jangka panjang. Oleh karena itu, untuk mempertahankan keberlangsungan Shopee, maka keputusan pembelian konsumen harus ditingkatkan.
Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif Pendidikan IPS Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang pernah berbelanja minimal tiga kali pembelian pada e-commerce yang berjumlah 170. Teknik pengambilan sampel proportionated stratified random sampling, sehingga ditetapkan 63 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Data dianalisis dengan regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, kualitas produk dan brand awareness berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce. Jika konsumen merasakan kualitas produk yang baik dan memiliki brand awareness yang tinggi terhadap suatu e-commerce, hal ini akan meningkatkan keyakinan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Namun, kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Artinya, meskipun konsumen sadar akan merek, kualitas produk tetap menjadi faktor utama yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Variasi variabel keputusan pembelian pada e-commerce sebesar 14,6% sementara sisanya 85,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi, seperti kualitas layanan , brand ambassador, harga, brand image, brand trust, digital marketing , electronic word of mouth dan lifestyle.
Kata Kunci: Brand Awareness, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Tidak tersedia versi lain