Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas Ix Upt Smp Negeri 5 Tambang
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas Ix Upt Smp Negeri 5 Tambang

Delvi Aprillia / 2105135365 - Nama Orang;

RINGKASAN
Delvi Aprillia, 2025. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau. Pembimbing (1) Dr. Sri Erlinda, S.IP., M.Si (2) Dr. Indra Primahardani, SH., M.H
Kata Kunci: Pengaruh, Pembalajaran Pendidikan Pancasila, Karakter Nasionalisme siswa
Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh karakter Nasionalisme siswa yang rendah, terlihat dari fenomena yang dihadapi siswa dimana kurangnya kemauan untuk melestarikan kebudayaan daerah, kurangnya menghargai jasa pahlawan, kurangnya sikap rela bekorban, kurangnya sikap mengutamakan kepentingan umum, kurangnya rasa cinta tanah air dan kurangnya rasa bangga sebagai bangsa indonesia. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas IX di UPT SMP Negeri 5 Tambang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Adapun manfaat penelitian ini adalah bisa menghasilkan karya ilmiah atau literatur yang dapat menjadi sumber rujukan dalam pendidikan, bisa mendukung guru dalam mengembangkan keterampilan mereka dalam mengelola kelas, menciptakan lingkungan belajar yang positif, dan membimbing siswa dalam pengembangan karakter nasionalisme. serta penelitian ini bisa mempermudah siswa dalam memahami pentingnya nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
ii
Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner (angket) yang terdiri dari 42 pernyataan dan wawancara, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di UPT SMP Negeri 5 Tambang yang berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel dari penelitian ini berdasarkan teori Suharsimi Arikunto (2017) yang menggunakan teknik sampel jenuh (total sampling) yakni apabila subjek kurang dari 100, lebih baik seluruh sampel diambil semua hingga penelitiannya merupakan penelitian populasi yaitu sebanyak 50 siswa/i.
Hasil analisis data penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai fhitung 28,395 ≥ ftabel 4,04 dan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga secara simultan pembelajaran Pendidikan Pancasila (X) berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter nasionalisme (Y) siswa kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Hasil analisis uji koefisien determinasi pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila (X) terhadap pembentukan karakter Nasionalisme (Y) sebesar 37,2% sedangkan 62,8% disebabkan oleh pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2105135365
2105135365
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2105135365
Penerbit
Pekanbaru. : Universitas Riau – FKIP – PPKN., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2105135365
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PPKN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
RIDHO
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB 1 PENDAHULUAN
  • BAB 2 KAJIAN TEORI
  • BAB 3 METODE PENELITIAN
  • BAB 4 PEMBAHASAN
  • BAB 5 PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?