CD Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas Ix Upt Smp Negeri 5 Tambang
RINGKASAN
Delvi Aprillia, 2025. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau. Pembimbing (1) Dr. Sri Erlinda, S.IP., M.Si (2) Dr. Indra Primahardani, SH., M.H
Kata Kunci: Pengaruh, Pembalajaran Pendidikan Pancasila, Karakter Nasionalisme siswa
Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh karakter Nasionalisme siswa yang rendah, terlihat dari fenomena yang dihadapi siswa dimana kurangnya kemauan untuk melestarikan kebudayaan daerah, kurangnya menghargai jasa pahlawan, kurangnya sikap rela bekorban, kurangnya sikap mengutamakan kepentingan umum, kurangnya rasa cinta tanah air dan kurangnya rasa bangga sebagai bangsa indonesia. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas IX di UPT SMP Negeri 5 Tambang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Adapun manfaat penelitian ini adalah bisa menghasilkan karya ilmiah atau literatur yang dapat menjadi sumber rujukan dalam pendidikan, bisa mendukung guru dalam mengembangkan keterampilan mereka dalam mengelola kelas, menciptakan lingkungan belajar yang positif, dan membimbing siswa dalam pengembangan karakter nasionalisme. serta penelitian ini bisa mempermudah siswa dalam memahami pentingnya nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
ii
Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner (angket) yang terdiri dari 42 pernyataan dan wawancara, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di UPT SMP Negeri 5 Tambang yang berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel dari penelitian ini berdasarkan teori Suharsimi Arikunto (2017) yang menggunakan teknik sampel jenuh (total sampling) yakni apabila subjek kurang dari 100, lebih baik seluruh sampel diambil semua hingga penelitiannya merupakan penelitian populasi yaitu sebanyak 50 siswa/i.
Hasil analisis data penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai fhitung 28,395 ≥ ftabel 4,04 dan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga secara simultan pembelajaran Pendidikan Pancasila (X) berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter nasionalisme (Y) siswa kelas IX UPT SMP Negeri 5 Tambang. Hasil analisis uji koefisien determinasi pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila (X) terhadap pembentukan karakter Nasionalisme (Y) sebesar 37,2% sedangkan 62,8% disebabkan oleh pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain