CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (Adi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA.
Pembelajaran dapat diartikan sebagai aktivitas siswa untuk mencapai tujuan tertentu sehingga dapat meningkatkan potensi siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Pembelajaran fisika dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang mempelajari kehidupan alam dalam kegiatan sehari hari. Salah satu materi fisika yang berkaitan dengan alam adalah materi fluida statis. Banyak siswa mengalami miskonsepsi dalam memahami materi fluida statis sehingga mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa rendah. Selain itu, hasil belajar rendah juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti pembelajaran yang kurang melibatkan siswa untuk aktif, aktivitas siswa yang lebih sering menghapal rumus dan mengerjakan soal hitungan, guru yang tidak memberikan pengaplikasian yang jelas dari setiap materi yang dibahas, serta pembelajaran yang dilaksanakan secara konvensional atau berpusat pada guru dalam metode ceramah. Model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah model Inquiry. Model Inquiry mendorong siswa untuk menemukan konsep dan pemahaman siswa secara mandiri. Salah satu alternatif dari model pembelajaran Inquiry yang memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Model Argument Driven Inquiry (ADI) berfokus pada cara siswa untuk menemukan dan membangun konsep serta pengetahuannya secara mandiri dengan melakukan penyelidikan untuk memfasilitasi siswa memahami materi fisika dengan baik.....
Tidak tersedia versi lain