CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Interactive Demonstration Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 34 Pekanbaru
Pendidikan IPA memiliki peran penting dalam menghadapi perkembangan zaman dan mempersiapkan generasi masa depan di tengah kemajuan teknologi yang pesat. Dalam proses membangun pemahaman, peserta didik kerap mengalami kesalahan konsep, yang umumnya terjadi karena mereka belum terbiasa mengkonstruksi konsep secara mandiri dan terbatasnya variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi juga bermakna. Salah satu pendekatan yang dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah model pembelajaran Interactive Demonstration.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pesawat sederhana setelah diterapkannya model pembelajaran Interactive Demonstration. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Interactive Demonstration dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini bermanfaat untuk guru-guru pemilihan model pembelajaran yang efektif dalam kelas dan menjadi referensi peneliti lain.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest-only control group design. Penelitian dilakukan di SMPN 34 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang mengukur tiga indikator pemahaman konsep, yaitu translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji Mann-Whitney U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan interactive demonstration dengan kelas yang tidak menerapkan. Analisis per indikator juga menunjukkan bahwa peserta didik di kelas yang menerapkan memiliki skor lebih tinggi pada semua aspek pemahaman konsep dibandingkan dengan kelas yang tidak menerapkan.
Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Interactive Demonstration efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi pesawat sederhana.
Tidak tersedia versi lain