CD Skripsi
penggunaan google classroom dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan masyarakat angkatan 2024 fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Tujuan Penelitian ini untuk 1) Untuk menganalisis bagaimana
penggunaan Google classroom dalam membantu peningkatan efektivitas
pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Angkatan
2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 2) Untuk
mengetahui bagaimana mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat
angkatan 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
memanfaatkan fitur- fitur Google classroom untuk mendukung proses
pembelajaran?
Setelah penelitian ini dilakukan diharapkan dapat memberi manfaat.
Adapun manfaat dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis
dan manfaat praktis. Manfaat teoritis dari hasil penelitian ini diharapkan
dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan, mengenai penggunaan
google classroom dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran
mahasiswa program studi Pendidikan Masyarakat Angkatan 2024 Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas. Dan manfaat praktis dari hasil
penelitian ini Sebagai salah satu refensi bagi peneliti lain melakukan kajian
masalah yang serupa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang melibatkan 3 (tiga) informan
ii
sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik dokumen, observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis
dalam penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan, dan triangulasi.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa, Penggunaan Google classroom Dalam
Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Masyarakat Angkatan 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google classroom
secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa. Hal
ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mahasiswa
yang aktif menggunakan Google classroom memiliki hasil belajar yang
baik dengan memanfaatkan platform ini. Akses yang mudah terhadap
materi pembelajaran, tugas, dan umpan balik dari dosen melalui Google
classroom membantu mahasiswa dalam memahami materi dengan lebih
baik dan merasa lebih siap untuk mengerjakan tugas dan ujian. Selain itu,
keaktifan peserta didik selama proses belajar juga meningkat, dengan
mahasiswa lebih terlibat dalam diskusi dan kegiatan pembelajaran berkat
fitur-fitur interaktif yang disediakan oleh Google Classroom. Hal ini
menunjukkan bahwa platform ini tidak hanya memfasilitasi pembelajaran,
tetapi juga mendorong keterlibatan dan motivasi mahasiswa. Secara
keseluruhan, mahasiswa merasa bahwa Google classroom memenuhi
harapan mereka sebagai alat pembelajaran yang efektif. Dengan demikian,
Google classroom dapat dianggap sebagai platform yang efektif dalam
mendukung proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Penggunaan
Google classroom Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Angkatan 2024 Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan dapat peneliti rekomendasikan sebagai
berikut:
iii
1. Direkomendasikan bagi Program Studi Pendidikan Masyarakat untuk
dapat menggunakan Google classroom sebagai platform pembelajaran
utama dalam Program Studi Pendidikan Masyarakat
2. Direkomendasikan bagi mahasiswa program Studi Pendidikan
Masyarakat agar memaksimalkan penggunaan Google classroom untuk
meningkatkan efektivitas pembelajaran dikelas.
3. Direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya, bahwa hasil penelitian
tentang Penggunaan Google classroom Dalam Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Masyarakat Angkatan 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
belum sepenuhnya final dan sempurna. Sehingga diharapkan pada
peneliti selanjutnya untuk Mengkaji aspek keamanan dan privasi data
dalam penggunaan Google classroom di pendidikan tinggi.
Tidak tersedia versi lain