CD Skripsi
Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SDN No 004 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untkmeningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IVB SDN No. 004 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru melalui penggunaan metode diskusi. Dilakukan penelitian pada Semester II bulan Maret-April 2008. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SDN No. 004 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Parameter penelitian adalah hasil belajar siswa yang terdiri dari daya serap siswa, ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan 80 % hasil belajar siswa tuntas. Pada Siklus I rata-rata daya serap siswa adalah 71,72 dengan kategori baik, pada Siklus ke II rata-rata daya serap siswa adalah 77,24 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa pada Siklus I adalah 75,86 (tuntas) pada siklus kedua adalah 96,55 (tuntas). Untuk rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 82,8 % pada Siklus I menjadi 92,0 % pada siklus II. Rata-rata aktivitas guru adalah 24,5 pada Siklus I dengan kategori sempurna meningkat menjadi 29,5 dengan kategori sangat sempurna pada Siklus II. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SDN No. 004 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru
Tidak tersedia versi lain