CD Skripsi
Penerapan Metode Talking Stick untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA-Almuslimun Seikijang
Telah dilakukan penelitian pendidikan melalui penerapan metode Talking Stick
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di
kelas X SMA Al-Muslimun Seikijang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada
bulan februari 2010 – Juni 2010 dan waktu pegambilan data dimulai pada tanggal
3 April – 16 Mei 2010. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini adalah dengan
memberikan tes homogenitas, dari kelas yang homogen kemudian secara acak
didapat kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu data awal dari
tes awal siswa dan data akhir selisih nilai postest – pretest kedua kelas eksperimen
dan kontrol. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
statistik yaitu uji-t digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi belajar antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan
prestasi belajar siswa sebesar 10,75%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan
Metode Talking Stick dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok
Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Al-Muslimun Seikijang.
Kata Kunci : Metode Talking Stick, Prestasi Belajar
Tidak tersedia versi lain