CD Skripsi
Sikap Ilmiah Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (Tari bambu) di SMP Negeri 1 Kampar Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa kelas VII
5 SMP Negeri 1 Kampar Timur terhadap sains Fisika melalui penerapanmodel
pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (tari bambu) pada siswa kelas VII
5 SMP Negeri 1 Kampar Timur yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar
pengamatan sikap ilmiah siswa meliputi: rasa ingin tahu, bekerja sama secara
terbuka, bekerja keras, bertanggung jawab, kepedulian, kedisiplinan, dan jujur.
Data sikap ilmiah siswa dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari hasil analisis
data diperoleh skor pertemuan 1 sebesar 74,3% berada pada kategori tinggi, skor
pertemuan 2 sebesar 87,1% berada pada kategori tinggi, dan skor pada pertemuan
3 sebesar 95,7% berada pada kategori tinggi.Aspek sikap ilmiah seperti rasa ingin
tahu, bekerja sama secara terbuka, bekerja keras, bertanggung jawab, kepedulian,
kedisiplinan, dan jujur selalu mengalami peningkatan pada setiap pertemuan.
Rata-rata tingkat kategori sikap ilmiah siswa pada tiga pertemuan adalah tinggi
dengan persentase rata-rata 73,3%, kategori sedang sebanyak 26,7%, sedangkan
siswa yang memiliki sikap ilmiah pada tingkat kategori rendah 0%.Dengan
demikian, sikap ilmiah siswa dapat dilatih dan dikembangkan melalui penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (tari bambu).
Kata kunci:sikap ilmiah, model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing
(tari bambu).
Tidak tersedia versi lain