CD Skripsi
Penerapan Metode Kepala Bernomor (Numbered Head Together)Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V.A SD Negeri 012 Rumbai Pesisir
Armaini. 2012. Penerapan Metode Kepala Bernomor (Numbered Head Together)
Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V.A SD Negeri
012 Rumbai Pesisir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP
Universitas Riau. Pembimbing (I) Drs. Zahirman, M.H.,
Pembimbing (II) Dr. Gimin, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Kepala Bernomor, Hasil Belajar PKn
Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas V.A SD Negeri 012 Rumbai Pesisir
adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Beberapa faktor
yang menyebabkan siswa sulit menguasai pokok bahasan pada mata pelajaran
PKn antara lain siswa tidak memiliki buku paket sebagai panduan belajar di
rumah, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar PKn, dan siswa malas
belajar dan jarang diberi tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar PKn siswa dengan menerapkan metode Kepala Bernomor (Numbered
Head Together). Metode Kepala Bernomor akan diterapkan pada siswa kelas V.A
SD Negeri 012 Rumbai Pesisir. Dengan perumusan masalah “Apakah penerapan
metode kepala bernomor (numbered head together) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa di kelas V.A SD Negeri 012 Rumbai Pesisir?”. Data kuantitatif
diperoleh melalui tes pemahaman siswa melalui ulangan siklus. Dari hasil analisis
data ketuntasan hasil belajar siswa pada ulangan siklus I yaitu 79,6 % dan pada
siklus II 89 %, selain itu terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa dari
siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I yaitu 82,14 %, kemudian
meningkat pada siklus II mejadi 94,64 %. Persentase aktivitas siswa pada siklus I
82,14 % dan meningkat pada siklus II menjadi 92,85 %.
Tidak tersedia versi lain