Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Karakter Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Karakter Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Syavara Ramadhani Arianto / 1805113479 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media yang variatif untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pengembangan media video animasi untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar agar dapat menarik minat belajar siswa. Media video animasi merupakan sebuah media berjenis audio visual dimana gambar berupa animasi yang dapat bergerak dan dapat memberikan gambaran yang cukup realistis.
Pengembangan media pembelajaran video animasi untuk pembelajran IPS di Sekolah Dasar dilakukan dengan model ADDIE oleh yang mana melalui 5 tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (Evaluation).
Penelitian ini dilakukan di SDN 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan penilaian berdasarkan 7 aspek. Pada aspek yang pertama yaitu aspek mudah dilihat Penilaian video animasi ini terdiri dari 7 aspek yang berasal dari prinsip pengembangan media pembelajaran. Aspek yang pertama yaitu mudah dilihat dengan rata-rata skor 87,45% dengan kartegori sangat valid. Aspek kedua yaitu menarik dengan skor 93,75% dan dapat dikartegorikan sangat valid. Selanjutnya aspek kesederhanaan dengan skor 87,5% dan dapat dikartegorikan sangat valid. Aspek ke empat yaitu aspek sah dan masuk akal mendapat skor sebesar 87,5% dengan kartegori sangat valid. Aspek selanjutnya yaitu aspek kebermanfaatan dengan skor sebesar 100% dan dikartegorikan sangat valid. Aspek selanjutnya yaitu terstruktur dengan skor 87,5% dan dapat dikartegorikan sangat valid. Aspek ke tujuh yaitu kebenaran dengan skor 100% dan dikartegorikan sangat valid. Dari seluruh aspek tersebut didapatkan rata-rata skor dari video animasi adalah 91,96% dan dapat dikartegorikan sangat valid.
Penilaian kelayakan media didapatkkan dari hasil validasi oleh 2 validator yaitu ahlli media dan ahli materi, uji coba satu-satu, uji coba terbatas, serta respon
guru. Validasi dari ahli materi mendapat skor persentase sebesar 98,8%. Validasi
dari ahli media mendapat skor persentase 85,11%. Selanjutny uji coba yang
dilakukan pada 10 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Uji coba satu-satu
mendapatkan skor persentase 87,27%. Uji coba terbatas memperoleh skor 89,01%
dan respon guru mendapatkan skor 86,9%.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1805113479
1805113479
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1805113479
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1805113479
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FATAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?