CD Skripsi
Pengaruh Proses Pembelajaran PPKN Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru
Kata Kunci : Pengaruh, Proses Pembelajaran PPKn, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran PPKn dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh proses pembelajaran PPKn terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh proses pembelajaran PPKn terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Adapun manfaat teoritis dalam penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada sekolah dan guru mengenai proses pembelajaran PPKn terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Sedangkan manfaat praktis dalam penelitian ini yaitu sebagai bahan pertimbangan bagi dunia pendidikan terutama bagi pendidik dan calon pendidik dalam menentukan proses pembelajaran PPKn yang tepat agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari 15 pernyataan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling.
ii
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh proses pembelajaran
PPKn terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara proses
pembelajaran PPKn terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru.
Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana dan
diperoleh persamaan Y= 9,413 + 1,101X. Persamaan tersebut dapat diartikan
nilai konstanta sebesar 9,413 yang mengandung arti bahwa nilai konsistensi
variabel prestasi belajar siswa sebesar 9,413 dan nilai koefisien regresi proses
pembelajaran PPKn sebesar 1,101. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
setiap penambahan 1% nilai proses pembelajaran maka prestasi belajar siswa
akan bertambah sebesar 1,101. Nilai positif yang ada pada koefisien regresi
prestasi belajar (1,101) memiliki arti bahwa proses pembelajaran PPKn terhadap
prestasi belajar siswa berpengaruh positif.
Sementara itu dari hasil uji F menggunakan aplikasi Ibm SPSS For
Windows Versi 29.0 diperoleh fhitung sebesar 42,502 dan ftabel sebesar 4,07
yang berarti bahwa fhitung > ftabel dan dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan
Ho ditolak. Kemudian berdasarkan output tersebut diperoleh koefisien
determinasi (R square) sebesar 0,455 yang berarti bahwa pengaruh variabel X
(Proses Pembelajaran PPPKn) terhadap variabel Y (Prestasi Belajar Siswa)
sebesar 45,5%. Sedangkan 54,5% (100% - 45,5%) dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain