CD Skripsi
Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Laboratorium Virtual Olabs Pada Materi Tekanan Zat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru
Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang
merupakan usaha sistematis dalam rangka membangun dan
mengorganisasikan pengetahuan dalam bentuk penjelasan-penjelasan yang
dapat diuji dan mampu memprediksi gejala alam. Ilmu Fisika merupakan
ilmu yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa dikarenakan begitu banyak
rumus yang harus dihafalkan. Salah satu konsep IPA materi fisika yang harus
dikuasai oleh siswa adalah tekanan zat. diperlukan sebuah pendekatan
pembelajaran yang membuat pembelajaran mengarah ke sifat ilmiah, salah
satunya adalah dengan menggunakan pendekatan saintifik. Untuk mendukung
enam pengalaman belajar pokok pendekatan saintifik diperlukan sebuah metode
yang bisa membuat pembelajaran fisika makin bersifat ilmiah, yaitu dengan
menerapkan kegiatan praktikum. Nyatanya banyak sekolah yang tidak bisa
menyediakan peralatan laboratorium secara lengkap sehingga proses praktikum
tidak berjalan dengan efektif. Online lab for School (Olabs) merupakan software
untuk melaksanakan percobaan online dibidang sains.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan
pemahaman konsep siswa yang menerapkan pendekatan saintifik menggunakan
laboratorium virtual Olabs pada materi tekanan zat untuk menguji apakah terdapat
perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menerapkan pendekatan
saintifik menggunakan laboratorium virtual Olabs dengan kelas yang menerapkan
pembelajaran konvensional. Manfaat yang diharapkan didapat dari penelitian ini
adalah bagi guru menjadi salah satu alternatif proses pembelajaran yang dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa. Bagi siswa, diharapkan dengan adanya
proses pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 18 Pekanbaru pada semester genap
tahun 2022/2023. Adapun populasi dari penelitian ini terdiri dari 7 kelas dengan
jumlah 247 siswa. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas VIII 5
dan VIII 6 dengan jumlah siswa 36 orang untuk kedua kelas.
Tidak tersedia versi lain