Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII SMP/Mts
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII SMP/Mts

ERFITA FAJRI DWI HAKKI / 1705111024 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penggunaan teknologi
dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan
penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang kurang memadai dalam
meningkatkan hasil pembelajaran. Dibutuhkan bahan ajar berupa E-LKPD agar dapat
meningkatkan hasil pembelajaran dan mengoptimalkan penggunaan teknologi. Salah
satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
adalah model discovery Learning (DL) yang secara langsung melibatkan keaktifan
peserta didik.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD
berbasis model discovery Learning (DL) untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga Kelas VII
SMP/MTs yang valid dan praktis. Penelitian ini juga sebagai bahan ajar peserta didik
saat pembelajaran dan alternatif pilihan pedoman bagi guru dalam mengembangkan
E-LKPD pada Kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D terdiri dari tahap define
(pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate
(penyebaran). Pada tahap define, kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan
informasi terkait E-LKPD yang dikembangkan peneliti dalam rangka mengatasi
masalah yang dihadapi. Tahap ini meliputi analisi awal-akhir, analisis peserta didik,
analisis tugas dan analisis konsep. Pada tahap design (perencanaan), kegiatan yang
dilakukan adalah mengumpulkan referensi tentang materi aritmatika sosial kelas VII
SMP/MTs, merancang layout E-LKPD menggunakan model problem based learning
dengan bantuan liveworksheet, merancang lembar validasi, dan lembar angket respon
peserta didik mengenai kepraktisan E-LKPD. Pada tahap development
(pengembangan), kegiatan yang dilakukan adalah mengembangkan produk, validasi,
melaksanakan uji coba kelompok kecil dan revisi. E-LKPD yang telah disusun
selanjutnya divalidasi oleh para ahli. Hasil validasi E-LKPD diperoleh rata-rata 3,41
dikategorikan sangat valid dan disertai dengan saran perbaikan dari validator. Saran
perbaikan validator dijadikan landasan untuk merevisi E-LKPD. Selanjutnya,
dilakukan uji coba kelompok kecil untuk memperoleh gambaran kepraktisan ELKPD.
Uji coba kelompok kecil dilaksanakan kepada 6 orang peserta didik kelas VII
SMPN 1 Riau yang berkemampuan heterogen, terdiri dari 2 orang peserta didik
berkemampuan tinggi, 2 orang peserta didik berkemampuan sedang dan 2 orang
peserta didik berkemampuan rendah. Peserta didik diminta untuk mengisi angket
respon peserta didik setelah selesai mengerjakan kegiatan pada E-LKPD. Hasil
angket respon peserta didik diperoleh 3,70 dengan kategori sangat praktis. Kemudian
dilanjutan dengan uji coba kelompok besar sebanyak 24 peserta didik kelas VII
SMPN 1 Lirik dengan kemampuan akademis yang heterogen. Peserta didik diminta
untuk mengisi angket respon peserta didik pada uji lapangan. Hasil angket respon
peserta didik diperoleh 3,57 dimana berada pada kategori sangat praktis.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis model discovery
learning untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada
segiempat dan segitiga kelas VII SMP/MTs memenuhi aspek validitas dan
praktikalitas.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1705111024
1705111024
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1705111024
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – Fkip – Pendidikan Matematika., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1705111024
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FATAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI DAN ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?